Berita Terbaru

Monday, November 7, 2016

Hujan bikin jalan Liwas seperti “kuala”
by donwu - 0

KENDATI curah hujan sedang, namun kondisi jalan Liwas ini sudah seperti kuala. Apalagi kalau hujan lebat. Tentunya mengganggu pengguna jalan, seperti terlihat Senin (7/11/2016) siang.(foto: donny/sk)
MANADO, SMCOM—Tak adanya drainase, maraknta galian C, ditambah dengan tidak bertanggung-jawabnya pengembang perumahan Gerizim II di Kelurahan Ranomuut, Kecamatan Paaldua, membuat jalan Lengkong Wuaya (lebih dikenal dengan Kampung Liwas) seperti kuala. Kendati curah hujan sedang, namun kondisi jalan Liwas ini sudah seperti kuala atau sungai. Apalagi kalau hujan lebat, tentunya lebih parah lagi. Sehingga mengganggu pengguna jalan, seperti terlihat Senin (7/11/2016) siang.

Kondisi ini pun memicu tanggapan masyarakat. “Jalan ini sudah bertahun-tahun seperti ini. Tapi nampaknya para wakil rakyat kita di Dekot Manado tidak peka. Mereka seolah tidak pernah memperjuangkan untuk memperbaiki jalan ini,” ungkap Ferry, warga yang setiap harinya melintas di jalan tersebut. “Lihat saja, hanya hujan sedang sudah begini, apalagi lebat,” tukasnya. Sebaliknya, lanjut Ferry, jika tidak hujan maka jalan tersebut bagaikan kuala kering. “Berlubang, penuh genangan air. Pokoknya tidak nyaman kalau dilintasi,” kata dia.

Masyarakat lainnya lebih menyorot aktivitas galian C di Liwas, dan tidak ada tanggung-jawab dari pihak pengembang perumahan Gerizim II yang tidak memperbaiki infrastruktur di perumahan tersebut. “Dulu jalan ini tidak separah sekarang. Nanti ada perumahan Gerizim II, jalan ini semakin parah. Kalau hujan terkadang banjir, air datang dari perumahan Gerizim II. Kami lihat pengembang tidak bertanggung-jawab. Hanya mau membangun perumahan, tapi tidak disertai dengan perbaikan infrastruktur seperti drainase dan jalan,” ungkap Sri, warga setempat.

Beberapa hari lalu, Wakil Walikota Manado Mor Dominus Bastiaan SE telah melakukan peninjauan di perumahan Gerizim II, dimana salah satu sumber terjadinya banjir dan sumber kerusakan infrastruktur publik di Liwas. Pada saat itu Wawali Mor telah memperingatkan pihak pengembang untuk segera memperbaiki infrastrukturnya. Namun nampaknya pihak pengembang tidak mempedulikan sehingga kondisi jalan saat hujan tambah rusak.(dsw)



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment