Berita Terbaru

Thursday, September 1, 2016

Pemkot-BNPB gelar Rakornis RR pasca-bencana di areal relokasi eks korban bencana
by donwu - 0

WALIKOTA Manado GS Vicky Lumentut berdialog dengan warga dalam Rakornis Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Manado yang dilakukan di areal pembangunan 2054 unit rumah di Pangian, Kelurahan Pandu.(foto: ist)
MANADO, SMCOM—Penantian cukup panjang warga eks korban bencana alam banjir bandang Januari 2014 silam akan adanya hunian layak, akhirnya mulai direalisasikan pemerintah. Upaya Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) di penghujung periode pertamanya memimpin Manado, dan berlanjut di periode keduanya ini untuk melobi pemerintah pusat akhirnya terealisasi. Rumah untuk eks korban bencana alam pun mulai dibangun.

Untuk mempertegasnya, maka pada Selasa (30/8/2016) siang, digelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Rehabilitasi dan Rekonstruksi Pasca Bencana Manado yang dilakukan di areal pembangunan 2054 unit rumah di Pangian, Kelurahan Pandu Kecamatan Bunaken. Pada kesempatan itu, Walikota GSVL bersama Deputi Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi (RR) Badan Nasional Penaggulangan Bencana (BNPB) Ir Harmensyah DIPL SE MM memantau sekaligus berdialog dengan sejumlah warga relokasi.

"Ini program yang sudah lama ditunggu-tunggu warga korban bencana banjir bandang, jadi sangat dinantikan penyelesaian dan penyerahannya. Semoga hasil dari rakor dan pantauan ini, akan mempercepat pembangunan relokasi rumah warga korban bencana yang dalam tahap awal sebanyak 1000 unit dan rencananya akan diresmikan Presiden Jokowi pada Oktober mendatang,” ujar Walikota GSVL.

Yang menarik, dan mungkin belum pernah dilakukan di Tana Air ini adalah, yang bekerja untuk membangun dan menyelesaikan rumah yang dibangun adalah pemilik rumah itu sendiri, bukan pemborong/kontraktor sebagaimana lazimnya. “Jadi yang bekerja adalah pemilik rumah itu sendiri. Mereka yang mencari tukangnya. Tapi biayanya disiapkan pemerintah, dibayar sesuai alokasi dana pemerintah pusat dalam hal ini BNPB,” kata GSVL.

Tugas Pemkot Manado, lanjut Walikota Manado dua periode ini, hanya mengontrol, karena semua kembali kepada para pemilik rumah sendiri. “Jadi saya harapkan dan bermohon, jangan kita sudah capek-capek bekerja, tapi kedepan ada permasalahan hukum yang membelit kita,” tukasnya.

Tak hanya itu, di lokasi tersebut juga akan ditunjang dengan fasilitas umum seperti sekolah, pasar, took modern, tempat ibadah, jogging track, taman wisata. Pemkot Manado akan menyiapkan tempat Babin Kamtibmas dan Babimsa untuk menjaga keamanan warga karena itu sesuai permintaan warga, termasuk nantinya sarana rumah ibadah maupun sarana olahraga dan hiburan lainnya. “Ini nantinya akan jadi kelurahan percontohan yang cerdas," tandas Walikota GSVL.


Usai Rakor, Walikota GSVL bersama Deputi RR BNPB Harmensyah, Direktur Pemulihan dan Peningkatan Fisik BNPB Tetty Saragih, Ketua Dekot Manado Noortje Van Bone dan sejumlah pejabat lainnya, langsung melihat dari dekat pembangunan perumahan tersebut.(dsw)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment