Berita Terbaru

Tuesday, October 18, 2016

Nelayan Sitaro kecewa, diduga kapal ikan asal Bitung beroperasi di perairan Sitaro
by donwu - 0

Kapal putih diduga asal Bitung tertangkap kamera saat beroperasi di perairan Sitaro.
SITARO, SMCOM—Diduga danya kehadiran kapal ikan asal Bitung yang beroperasi di perairan Sitaro, membuat beberapa nelayan, tepatnya di perairan dekat pulau Manumpitaeng sangat kecewa.

Menurut pengakuan beberpa nelayan, kehadiran kapal ikan berwana putih tersebut membuat mata pencarian mereka sebagai nelayan terganggu. Apalagi aktivitas tersebut sudah berlangsung selama berhari-hari. Sehingga hampir memicu perkelahian antar nelayan dengan ABK kapal tersebut.

"Dorang so selalu datang mengael di sekitar perairan ini. Itu hari amper bakalae deng nelayan yang ada di sekitar sini. Biasa sebelum dorang datang, akan selalu maso ke perairan sekitar sini, mar cuma lantaran kapal ikan itu so ja mangael di situ, jadi ikan so nda ja maso kamari," ungkap sejumlah nelayan, Selasa (18/10/2016). Mereka berharap kiranya pemerintah melalui dinas terkait bisa memperhatikan nasib mereka sebagai nelayan lokal.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Sitaro Edy Salindeho ketika dikonfirmasi melalui telepon serulernya siang tadi mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum menerima laporan dari nelayan setempat mengenai hal tersebut. Ia mengatakan pula dimana mengenai kewenengan tersebut sudah ranahnya Pemprov Sulut dan pangkalan pengawasan Bitung.


Namun jika ia menerima laporan dari Pokmaswas, kapal tersebut bisa diperiksa. "Memang dari sisi kewenangan itu sudah ranahnya provinsi dan pangkalan pengawasan Bitung. Tapi kalo ada laporan dari Pokmaswas terdekat, torang boleh periksa kapal tersebut, apakah SIKPI-nya masuk dalam wilayah Sitaro atau nda. Kalo nda torang boleh koordinasi dengan yang punya kewenangan untuk tindak-lanjutnya  kemudian. Kita minta laporan dulu dari Pokmaswas terdekat," tukas Salindeho.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment