Berita Terbaru

Thursday, October 20, 2016

Miangas mestinya istimewa dalam renstra pembangunan nasional
by donwu - 0

Presiden Joko Widodo berbincang dengan Bupati Talaud Sri Wahyumi Manalip saat berkunjung di Miangas Rabu (19/10/2016) kemarin.(foto: ist)
TALAUD, SMCOM—Kecamatan Miangas di Kabupaten Kepulauan Talaud menjadi topik hangat sepanjang minggu ini karena kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (19/10/2016) kemarin.

Sekalipun demikian, sejumlah tokoh masyarakat Talaud meminta perhatian atas Miangas jangan cuma berhenti seusai kunjungan dan diresmikannya Bandara Miangas, melainkan harus lebih kepada diimplementasikannya kunjungan Presiden Jokowi dalam program dan kerja nyata memajukan pulau paling utara tersebut. "Dari jarak saja sudah bisa kita pastikan semangat dan jiwa ke-Indonesiaan orang Miangas sangat kuat," ujar Ketua PAN Talaud Godfried Timpua, Kamis (20/10/2016).

Sebab menurut Timpua jika dihitung jaraknya Miangas ke Melonguane sebagai pusat pemerintahan Kabupaten Kepulauan Talaud itu sekira 110 mil laut, sementara ke Filipina hanya 46 mil. Jadi sangat pantas jika pulau dan warga Miangas menjadi skala prioritas dalam pembangunan nasional. "Karena warga Miangas bukan hanya sekedar mendiami pulau terluar tetapi mereka adalah penjaga keutuhan NKRI yang sejati," imbuhnya.

Tonny Lamagari, tenaga ahli Fraksi PDI Perjuangan di Dekab Talaud menegaskan dalam semangat nasionalisme yang diterjemahkan melalui program Nawacita sudah selayaknya Miangas masuk dalam skala prioritas utama pembangunan nasional. "Kita tidak meminta lebih tetapi adalah kewajaran jika Miangas harus lebih diperhatikan karena Miangas adalah salah satu penanda luas wilayah NKRI di utara. Bayangkan jika batas Miangas bergeser maka batas negara juga turut bergeser," kata Lamagari.


Tokoh muda Talaud Jhon R Mangamba mengatakan membangun Miangas adalah sama dengan membangun wajah Indonesia di sisi utara dan membangun Miangas harus pula dibarengi dengan membangun Kepulauan Talaud. "Pembangunan Miangas harus sejalan dengan membangun Talaud jadi memperhatikan dan memajukan Miangas harus juga membangun dan memajukan Kabupaten Kepulauan Talaud. Artinya sinergitas dari Pusat sampai daerah mutlak dibutuhkan dalam pembangunan tapal batas utara negara dimana Miangas ada disana dan notabene itu masuk dalam wilayah administratif Pemkab Kepulauan Talaud," ucap Mangamba.(debe/skh-swarakita)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment