Berita Terbaru

Friday, October 21, 2016

Hadapi MEA, Fatek Unima gelar SENASTIKU
by donwu - 0

Para narasumber SENASTIKU yang digelar Fatek Unima.
MANADO, SMCOM—Universitas Negeri Manado (Unima) di Tondano menggelar Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi Unima (SENASTIKU) bertempat di salah satu hotel di Manado, Jumat (21/10/2016) siang tadi. Kegiatan ini diikuti dosen-dosen peneliti pada beberapa Universitas di Indonesia. Tema yang diambil adalah "Implementasi teknologi informasi dalam dunia pendidikan dan bisnis di era MEA".

Acara tersebut dibuka Pembantu Rektor II Unima bidang Keuangan Dr Jeffry Tamboto MPd mewakili Rektor Prof DR Ir Juleyta PA Runtuwene MS DEA, didampingi Dekan Fakultas Teknik Prof Dr Herry Sumual MSi. Sedangkan penanggung jawab kegiatan merangkap Ketua Panitia adalah Kepala Jurusan PTIK Dr Ir VR Palilingan MEng.

Bentuk kegiatan SENANSTIKU adalah sebagai ajang pertemuan ilmiah, dimana sarana diskusi dan publikasi hasil penelitian penerapan teknologi dan informasi terkini di berbagai bidang, khususnya pendidikan dan bisnis tersebut merupakan tantangan bagi warga guna menuju Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). "Sebagaiman dijelaskan disini bahwa kita sebagai warga masyarakat, jangan kalah bersaing dalam teknologi dan informasi dengan pihak luar karena persaingan SDM bakal ditentukan sebentar ketika MEA telah menyebar,” ujar Tamboto.

Sedangkan tujuan diselenggarakan seminar ini adalah sebagai pembentukan kompetensi masyarakat di bidang teknologi informasi sebagai strategi dalam menghadapi era global, salah satunya dalam persaingan MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) dimana Sulut diprediksi akan menjadi jalur global pemasaran sehingga akan menjadi market yang ramai kedepannya.

Seminar ini penting diikuti karena merupakan referensi dalam rangka pengembangan dan peningkatan untuk penggunaan teknologi informasi di bidang pendidikan. "Jadi sebaiknya dari penerapan oleh nara sumber dari sosialisasi ini bisa dipahami, agar penerapannya kepada masyarakat, mahasiswa dan siswa dapat di praktekan melalui kualitasnya masing-masing," ujar Wensi Paat MT, salah satu dosen Fatek.

Narasumber dari kegiatan ini di antaranya Prof Ir Zainal A Hasibuan MLS PhD, Guru besar Fakultas Komputer UI Prof Ir Armien ZR Langi MSc PhD, guru besar Sekolah Teknik Elektro dan Informatika ITB Dr Eng Agus Setiawan MSi, Dekan Fakultas Teknologi dan Kejuruan UPI Dr Ing Drs Parabelem Rompas MT peneliti dan dosen PTIK Unima (win)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment