Berita Terbaru

Sunday, September 18, 2016

Rektor Unima Prof Paula Runtuwene perkenalkan Kaeng Manado di UNS
by donwu - 0

Rektor UNS saat menerima cenderamata Kaeng Manado dari Rektor Unima Prof Paula Runtuwene.
SOLO, SMCOM—Rektor Universitas Negeri Manado (Unima) Prof DR Ir Juleyta PA Runtuwene MS DEA ikut memperkanalkan Kaeng Manado, kain khas Kota Manado, saat berkunjung ke Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta (Solo), Jawa Tengah, Sabtu (17/6/2016) tadi. Caranya adalah dengan memberikan cenderamata kepada Rektor UNS Prof Dr Rafik Karsidi, usai pertemuan.

Enci Paula—sapaan akrab istri Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) ini—, memang dalam berbagai kesempatan kunjungan kerja kerap memberikan souvenir Kaeng Manado dimana saja dirinya berkunjung, sekaligus sebagai salah satu promosi pariwisata Manado. “Wah, bagus sekali,” puji Rektor UNS saat menerima cenderamata tersebut.

Kaeng Manado ini sendiri telah didaftarkan hak paten atas namanya, dan telah memiliki ketetapan hukum dengan terdaftar di Kementerian Hukum dan HAM dengan Nomor C/27/2013/0003 atas Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

Perlu diketahui bahwa corak pada Kaeng Manado memiliki 4 motif. Pertama: Rumah Ibadah Seluruh Umat sebagai simbol kerukunan; Kedua: Terumbu Karang (coral reef dan sea shell); Ketiga: ikan purba coelacanth yang hidup 40 juta tahun yang lalu sebagai ikon Kota Manado; dan Keempat: lilin sebagai simbol bahwa kota Manado terbuka bagi siapa yang mau mengikuti aturan main serta rela hancur seperti lilin untuk kepentingan bersama. Selain itu terdapat garis zig-zag yang melambangkan Manado sebagai kota pantai, yang kehidupan masyarakatnya penuh semangat dan dinamika.(dsw/swarakita)



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment