Berita Terbaru

Friday, September 23, 2016

Penuh sampah, pantai di Sitaro butuh perhatian serius
by donwu - 0

Sampah menghiasi pantai di Sitaro.
SITARO, SMCOM-Tidak adanya Peraturan Daerah (Perda) mengenai sanksi terhadap warga yang membuang sampah plastik di sembarangan tempat, membuat tempat destinasi wisata yang ada di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), kerap dipenuhi sampah plastik.

Salah seorang pemandu wisata asal Manado, Donald Tapehe, kepada SwaraManado.com di sela memandu wisatawan asing belum lama ini, menyayangkan akan adanya keberadaan sampah plastik berserakan di pantai. Menurutnya pantai yang ada di kabupaten Sitaro sangat indah, bahkan bisa dikategorikan sudah masuk klas dunia, karena bisa menyaingi keindahan destinasi wisata yang ada di tempat lain seperti di Raja Ampat. Namun sayangnya kotor.

"Kita sebagai pemandu wisata sangat menyayangkan keberadaan sampah plastik ini. Padahal pantai ini sangat indah. Bahkan menurut saya, pantai ini bisa menyaingi destinasi wisata dunia lainya,"ujar guide HPI DPC Kota Manado ini.

Lebih lanjut ia berharap, kiranya pemerintah dan warga setempat dapat berkerja sama untuk menjaga keindahan pantai agar bebas dari sampah plastik. "Harapan kita semoga pemerintah dan masyarakat yang ada di sini dapat bekerjasama mo jaga pantai-pantai di sini, supaya bebas dari sampah plastik. Karena pantai ini menurut saya sudah klas dunia," kata Tapehe.

Hal senada diutarakan Dikson D, salah seorang pemerhati wisata di Sitaro. Menurutnya  destinasi wisata yang yang indah sekarang ini mulai dipenuhi sampah plastik. Ia beranggapan dimana hal ini dikarenakan belum adanya Perda yang memberi sanksi mengenai hal ini. Ia pun berharap legislatif dan eksekutif dapat memperhatikan hal tersebut, agar tidak merusak destinasi wisata pantai dan taman laut yang ada di kabupaten Sitaro.

"Kalo sekarang ini kita lihat pantai yang indah sudah mulai dipenuhi sampah plastik. Ini mungkin karena belum adanya Perda yang mengatur tentang pemberian sanksi terhadap warga yang membuang sampah plastik di sembarang tempat. Saya berharap kiranya pihak legislatif dan eksekutif dapat memberi perhatiakan kusus mengenai kondisi ini," tukasnya.

Kepala Dinas Pariwisata Sitaro SW Katiandagho yang dimintai keterangan mengatakan, pihaknya sudah melakukan berbagai cara untuk menghimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Menanggapi Perda menyakut kebersihan tersebut, dia mengatakan hal tersebut ada di Dinas Kebersihan.

Katiandago sangat berharap kiranya adanya kerjasama lintas SKPD dalam hal membangun kabupaten melalui potensi pariwisata yang ada. "Saya sangat berharap adanya kerjasama antar warga masyarakat dan juga SKPD di dalam membangun kabupaten Sitaro melalui potensi pariwisata yang kita miliki," tambahnya.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment