Berita Terbaru

Thursday, September 15, 2016

Pasien dirujuk, kinerja dokter ahli dipertanyakan legislator Sitaro
by donwu - 0

Rapat pembahasan KUA-PPAS APBD Perubahan tahun 2016.
SITARO, SMCOM-Kasus adanya pasien di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), yang melahirkan kemudian sering dirujuk ke rumah sakit di Manado, menjadi perhatian serius beberapa anggota DPRD.

Hal ini juga terungkap dan jadi pertanyaan para legislator ketika melakukan rapat pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (PPAS) APBD Perubahan tahun 2016 bersama seluruh SKPD dan Camat, di Kantor DPRD Sitaro, Rabu (14/9/2016) kemarin.

Dalam pembahasan mengenai kesehatan, salah seorang anggota Banggar mempertanyakan kinerja dari dokter ahli yang berdinas di rumah sakit Tagulandang. Menurutnya, rumah sakit tersebut sudah sering merujuk pasien yang akan melahirkan ke Manado.

"Persoalan yang terjadi di Tagulandang bukan hanya masalah dokter ahli yang didatangkan dari luar. Tetapi ada dokter ahli yang diiayai oleh APBD, tetapi dalam beberapa bulan terakhir, selalu merujuk pasien ke Manado. Bulan lalu dirujuk satu orang melahirkan, katanya tidak boleh melahirkan secara normal. Karena ada satu dan lain hal sehingga tidak bisa melahirkan. Tetapi sampai di rumah sakit di Manado, melahirkan dan anaknya meninggal. Kemudian sebulan yang lalu ada dua yang dirujuk. Pertanyaan saya, ada kerja atau tidak dokter ahli di Tagulandang. Kalo nyanda berkualitas coba tukar," tegas salah seorang anggota dewan saat itu.

Menyambung apa yang dilontarkan oleh anggota Banggar tersebut, Ketua DPRD Sitaro Djibton Tamudia mengatakan, permasalahnya ada pada pelayanan yang kurang. Menurutnya, intinya mengenai obat-obatan itu sudah harus direncanakan dengan baik. Dan juga dokter ahli kiranya dapat berkonsultasi dengan baik.

"Saya kira ini masalah pelayanan yang kurang. Intinya mengenai obat-obatan direncanakan sebaik-baiknya supaya orang berobat tidak ada halangan karena tidak ada obat. Kemudian dokter ahli itu melakukan konsultasi dengan baik," tegas Tamudia.

Sementara itu rapat mengenai pembahasan KUA-PPAS APBD Perubagan 2016 kemarin berjalan cukup alot.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment