Berita Terbaru

Tuesday, September 20, 2016

OD-SK Bawa Sulut Terpuruk Akibat Target PAD Menurun
by noberd losa - 0

Banggar - TAPD Bahas Perubahan APBD 2016

MANADO,SM.COM - Pemerintahan Gubernur Olly Dondokambey (OD) - Wakil Gubernur Steven Kandouw (SK) dinilai anggota Fraksi Golkar Sulut Meiva Salindeho masih jauh dari ekspektasi sesuai dengan program yang diharapkan mampu membawa loncatan hebat.

Dalam pembahasan Kebiajakan Umum Anggaran (KUA) -Prioritas dan Palfon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sulut tahun anggaran 2016 antara Badan Anggaran (Banggar)DPRD Sulut dan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) pada  selasa (20/9), Mantan ketua DPRD Sulut ini menilai masuki triwulan tahun awal pemerintahan OD-SK harusnya sudah mampuenunjukan grafik perubahan.

"Laporan dinas pendapatan daerah untuk triwulan kedua, sulut mengalami pertumbuhan ekonomi capai 7,64 persen namun herannya di triwulan ketiga menurun 6 persen. Jika diambil hitungan pada tahun 2015 provinsi Sulut mengalami kemarau panjang tapi pertumbuhan ekonomi dapat dipacu dan meningkat," kata Anggota Dewan perwakilan kepulauan ini.

Lanjutnya, situasi ekonomi tahun sebelumnya kurang baik namun target Pendapatan Asli Daerah (PAD) berjalan stabil yang kontras terbalik dengan situasi tahun ini.

"PAD kabupaten/kota stabil, harusnya indikator tersebut berdampak positif ke provinsi, ini sepertinya belum jadi tahun hoki bagi Sulut," tegas Srikandi Partai Golkar Sulut.

Bahkan dengan tegas, Meiva Salindeho menyatakan kinerja target PAD yang diprogramkan Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) yang menurun telah menunjukan untuk pemerimtahan OD-SK membawa Sulut terpuruk dan terburuk jika dibandingkan 6 tahun terakhir.

"Yang seharusnya PAD setiap tahun anggaran harusnya menunjukan loncatan ekonomi, baru tahun pertama pemerintahan OD-SK yang menurun selang waktu 6 tahun," tegas Meiva Salindeho.

Untuk diketahui, PAD Sulut di tahun anggaran 2016 ini mengalami penurunan sebesar Rp93,8 Miliar dimana Banggar bersikukuh agar Dispenda mampu menjaga grafik target PAD.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment