Berita Terbaru

Monday, September 26, 2016

Gali permainan tradisional, Dispora Sitaro gelar lomba
by donwu - 0

Peserta antusias mengikuti lomba permainan tradisional di Sitaro.
SITARO, SMCOM—Untuk menggali menggali kembali jenis permainan tradisional di Kabupaten Sitaro, maka pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan dan Oleahraga (Dispora), Sinin (26/9) siang pagi tadi menggelar lomba permainan tradisional.

Salah satu jenis permainan tradisional yang dilombakan adalah permainan tradisional Mudara. Permainan ini dimainkan secara regu dengan mengunakan batok kelapa yang dijepit atau ditendang dengan menggunakan kaki.

Kadispora Robert Kahiking melalui Kabid Olahraga TP Wolf mengatakan, kegiatan lomba tersebut adalah untuk memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2016 dan sekaligus mengangkat permainan tradisional yang sudah hampir terkubur. 

"Kita harus kembali menggali kembali jenis permainan tradisional yang sudah mulai hilang di masyarakat. Kita berharap permainan yang dilombakan tersebut bisa dikenal tingkat nasional," ujarnya.


Peserta lomba yang ikut permainan tradisional ini cukup banyak yakni 26 regu yang berasal dari beberapa  sekolah dasar di Sitaro. Salah seorang peserta asal SD Batu Bulan Kecamatan Siau Barat, Agung Katiandagho, mengaku senang mengikuti lomba tersebut.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment