Berita Terbaru

Wednesday, September 28, 2016

Australia ingin kerjasama pariwisata dengan Manado
by donwu - 0

Kunjungan ribuan turis Tiongkok ke Manado memicu Australia ingin bekerjasama dengan Manado soal kepariwisataan.
MANADO, SMCOM—Konjen RI untuk Australia Barat, Ade Padmo Sarwono, sangat konsen dengan pengembangan sektor kepariwisataan daerah-daerah di Indonesia yang memiliki potensi besar destinasi wisata pantai atau laut. Salah satunya Manado.

“Bapak Konjen tahu benar bahwa Manado adalah kota wisata bahari yang sangat potensial menjadi salah satu destinasi utama wisatawan Australia,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Peter KB Assa PhD, saat berkunjung ke Australia. Dirinya sementara berada di Australia sejak Minggu (25/9/2016) kemarin dan kembali ke Indonesia Rabu (28/9/2016) lusa.

Menurut Assa, Konjen sudah sering berkonsultasi dengan Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dan menyarankan kepada Gubernur agar Manado dapat dibangun marina yang nyaman untuk berlabuh dan diparkirnya kapal Yacht. Hal ini dikarenakan penggemar Yacht di Australia Barat cukup banyak. Ada sekitar 2700 member The Cruising Yacht Club of Australia (CYCA) di Australia dan sekitar 500 member berasal dari Australia Barat.

“Dan para penggemar Yacht ini adalah petualang-petualang samudra yang selalu mencari lokasi-lokasi wisata pantai dan spot-spot penyelaman indah di dunia. Peluang ini sangat besar bagi kita Manado bila dapat dibangun Marina Yacht yang representatif dan nyaman meskipun tidak harus mewah. Bisa dibayangkan pendapatan daerah yg dihasilkan dari perkunjungan wisata Yacht ini. Perekonomian Manado terutama lahan pekerjaan akan semakin terbuka. Karena Yacht membutuhkan perawatan,” ujar Assa, Senin (26/9/2016) siang.


Lanjut Assa, dirinya langsung menghubungi Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) setelah pertemuan dengan Konjen, dan sangat menyambut baik dukungan rencana kerjasama dari Konjen RI di Perth. “Beliau (Walikota GSVL) menyampaikan berkeinginan untuk membuka kerjasama friendship city baik dibidang pendidikan dan kepariwisataan dengan Perth atau Swan City,” ujar Assa, seraya mengatakan kalau Walikota GSVL juga tak lupa menitipkan salam hormat kepada Konjen RI di Perth dan disambut hangat dan salam balik.(dsw)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment