Berita Terbaru

Wednesday, September 28, 2016

Atasi sampah di Manado, ini rencana hebat dan cerdas OD-SK dan GSVL-Mor
by donwu - 0

Foto: WAGUB Sulut Steven Kandouw dan Walikota GS Vicky Lumentut disaksikan pejabat terkait lainnya, usai menandatangani kesepakatan kerjasama pembangunan dan pengelolaan TPAS Bersama Regional Manado-Minut-Bitung dan Minahasa, di kantor Gubernur Sulut, Jl 17 Agustus, Rabu (28/9/2016) siang.(foto: ist)
MANADO, SMCOM—Rencana hebat dan cerdas telah dipikirkan Pemprov Sulut dan Pemkot Manado guna mengatasi permasalahan sampah di Manado dan sekitarnya, yang semakin hari semakin banyak, seiring dengan makin pesatnya perkembangan daerah ini. Volume sampah yang dihasilkan oleh masyarakat pun semakin meningkat, sehingga daya tamping tempat pembuangan sampah sudah tak cukup lagi.

Karena itu, guna atasi masalah sampah di Manado, maka Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) pada Rabu (28/9/2016) siang tadi menghadiri pertemuan terkait kesepakatan kerjasama pembangunan dan pengelolaan Tempat Pemrosesan Akhir Sampah (TPAS) Bersama Regional Manado-Minut-Bitung dan Minahasa, yang dipimpin Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw di ruang kerjanya, kantor Gubernur Sulut Jl 17 Agustus Teling.

Dikatakan Walikota GSVL, kesepakatan kerjasama pembangunan dan pengelolaan TPAS Bersama ini diharapkan nantinya akan menjadikan Manado dan daerah lainnya semakin bersih, karena pengelolaan sampah yang kian teratur. "Ini berupa kesepakatan bersama tentang kerjasama pelayanan antar daerah terkait pengolahan dan pemrosesan akhir sampah. Semua daerah yakni kabupaten/kota, tentunya ingin melakukan yang terbaik guna bisa menjadikan wilayahnya bersih dan nyaman,” ujar Walikota GSVL.

Dirinya kembali menegaskan bahwa, saat ini pemerintah sedang membentuk imej bahwa kebiasaan untuk mendapatkan penghargaan Adipura atas kebersihan suatu kota, itu bukanlah segalanya. Tapi yang terpenting adalah, kebersihan serta kesehatan warga masyarakat itu sendiri. “Selama ini kita fokus mengejar Adipura, namun hal itu bukanlah segalanya dan bukan menjadi tujuan. Tetapi bagaimana kita menjadikan kota itu bersih dan sehat terlebih dahulu. Saya kira dengan demikian, maka Adipura juga akan ikut serta,” tukas Walikota Manado dua periode itu.

Karena itu, Walikota GSVL memberikan pujian kepada Gubernur Olly Dondokambey SE dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw (OD-SK) yang telah memfasilitasi pembangunan dan pengelolaan TPAS Bersama ini. “Kami Pemkot Manado sangat mengapresiasi dan bangga atas pertemuan dan kegiatan inisiatif yang di lakukan pihak Pemprov Sulut ini, agar kedepan warga di daerah Nyiur Melambai Sulut boleh cerdas dan hebat tentunya kedepan dalam memelihara lingkungan yang bersih dan sehat," tandas Walikota GSVL.

Seperti diketahui, saat ini Pemprov Sulut di bawah pimpinan OD-SK dan Pemkot Manado di bawah pimpinan GSVL-Mor Bastiaan, sedang gencar-gencarnya mengkampanyekan kebersihan lingkungan, dimana utamanya bahwa Manado harus terbebas dari sampah yang berkeliaran. Hal ini juga untuk menunjang program pariwisata yang digagas kedua pemerintah ini, termasuk sinergitas dalam pembangunan.(dsw)



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment