Berita Terbaru

Tuesday, September 13, 2016

7 Langkah jitu Deprov-Pemprov Jamin masa depan petani cengkih
by noberd losa - 0



MAANADO,SM.COM - Pembahasan Komisi II Dewan Provinsi (Deprov) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut bersama organisasi petani cengkih Sulut pada selasa (12/9) berhasil merumuskan beberapa langkah strategis yang diharapkan mampu memberikan jaminan kesejahtraan terhadap petani cengkih sulut.

Hasil rangkuman pembahasan tersebut, swaramanado.com merangkum setidaknya terdapat 7 langkah jitu selesaikan persoalan klasik petani cengkih untuk jangka panjang.

Pertama, pangkas dominasi spekulan dan tengkulak cengkih yang merusak harga pasar dengan cara pabrikan turun langsung kepasaran terbawah dan mewajibkan membeli cengkih langsung dari petani, jika tidak ingin pabrikan diboikot dengan penutupan pabrik.

Kedua, pemprov segera menyurat kepada pemerintah pusat menghentikan import cengkih yang dibarengi dengan presure politik Deprov melalui jaringan politik.

Ketiga, jadikan cengkih sulut sebagai komoditi strategis bertujuan mendapat perlindungan dan dukungan yang cukup memadai dari pemerintah. Kebijakan-kebijakan tersebut antara lain mencakup kebijakan tarif impor, kebijakan tataniaga impor.

Keempat, resi gudang atau dokumen bukti kepemilikan barang yang disimpan di suatu gudang terdaftar secara khusus yang diterbitkan oleh pengelola gudang itu yang dapat menjadi jaminan keamanan bagi perbankan, sehingga petani cengkih dipermudah mendapat bantuan ataupun pinjaman perbankan.

Kelima,membentuk tim kecil mengusut dan mencari solusi cepat dan tepat persoalan cengkih.

Keenam, Pemprov melalui pengelolaan keuangan dan aset daerah untuk mencari pemanfaatan bagi hasil pajak rokok.

Dan ketujuh, pertegas label kwalitas cengkih asal Sulut yang bertujuan dapat meningkatkan harga jual sesuai dengan kwalitas komoditi cengkih serta penggunaan bibit cengkih asal Sulut bukan mengambil bibit dari provinsi lainnya.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment