Berita Terbaru

Friday, August 12, 2016

Soal Rudis Kajari direhab Pemkot Manado, Palilingan: Itu sah-sah saja!
by Unknown - 0

Praktisi hukum, Toar Palilingan.
MANADO, SMCOM—Adanya pemberitaan beberapa hari terakhir ini mengenai Pemkot Manado menjebol Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) sekitar Rp187 juta melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU), untuk merehab Rumah Dinas (Rudis) Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Manado, membuat banyak kalangan ikut angkat bicara, salah satunya praktisi hukum Toar Palilingan SH.

Menurut dosen Fakultas Hukum Unsrat ini, bahwa untuk proyek yang diambil dari APBD yang digunakan untuk rehab Rudis Kajari, itu sah-sah saja. Karena dalam Peraturan Menteri (Permen) memang sudah diatur. "Pada prinsipnya bahwa program kegiatan dari pemerintah kalau itu  ditata dengan baik, yah sah-sah saja. Karena itu juga diatur dalam Permen," terang Palilingan, Jumat (12/8/2016) siang.

Lanjut dikatakan Palilingan, sejauh ini proyek tersebut sudah ada LHP dari BPK dan proyek ini berada dalam jalur yang benar, serta bisa dipertanggungjwabkan. “Jadi, janganlah kita salah persepsi. Apa bedanya ketika Pemkot memberikan bantuan berupa mobil dinas ke pihak Kepolisian, serta unsur Muspida lainnya," tandas Palilingan.

Dari pihak Kejari sendiri ketika dikonfirmasi melalui Kasi Intelkan Theodorus Rumampuk SH MH, tidak menampik akan adanya proyek rehab tersebut. Dalam pemaparannya bahwa pada pokoknya pemkot Manado merenovasi Rudis Kajari, menegaskan bahwa pekerjaan rehabilitasi Rudis Kajari benar adanya telah dilaksanakan, oleh pihak Pemkot Manado melalui Dinas PU.

Dari data yang diperoleh bahwa rehabilitasi Rudis tersebut oleh Pemkot Manado dalam APBD induk tahun 2015 dan Perwako penjabaran APBD Nomor 5 Tahun 2014 tanggal 31 Desember 2014 di DPA Dinas PU Nomor DPA 0263 tanggal 5 Januari 2015 jadi dasarnya sah dan pekerjaan rehab tersebut sudah selesai dilaksanakan tahun 2015 lalu oleh pelaksana pekerjaan yang ditunjuk langsung SKPD.(nal)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment