Berita Terbaru

Tuesday, August 16, 2016

Sidang PTUN, Saksi Ahli: Pilkada Manado 2016 tidak masalah
by Unknown - 0

Saksi Ahli Dr Tommy Sumakul saat memberikan keterangan di persidangan PTUN Mamado, Selasa (16/8/2016) siang ini.(foto: donny/sk/sm)
MANADO, SMCOM-Sidang lanjutan atas gugatan salah satu LSM atas nama Syarif Darea atas Surat Keputusan (SK) pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Manado oleh Mendagri, kembali digelar di PTUN Manado, Jl Pumorow, Selasa (16/8/2016) siang ini. Sidang dipimpin Hakim Ketua Ceckly Kereh, dibantu dua Hakim Anggota.

Pada kesempatan sidang ini, majelis hakim menghadirkan saksi ahli dari Fakultas Hukum Unsrat, Dr Tommy Sumakul SH MH. Dalam keterangannya, Sumakul menegaskan bahwa pelaksanaan Pilkada Manado yang digelar 17 Februari 2016 adalah sah dan tidak masalah.

Pelaksanaan Pilkada Manado yang digelar 17 Februari 2016 lalu adalah rangkaian dari pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2017, karena waktu itu ada penundaan yang dilakukam KPU karena masih ada gugatan terhadap salah satu bakal calon waktu itu. "Jadi Pilkada 17 Februari 2016 yang lalu tidak masalah,” ujar Sumakul di hadapan Majelis Hakim, pihak Penggugat dan para pihak Tergugat, serta masyarakat yang hadir.

Diketahui, sengketa ini berawal ketika Syarif Darea sebagai penggugat, mengajukan gugatan kepada tergugat I Menteri Dalam Negeri (Mendagri), tergugat II Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, dan tergugat III Gubernur Sulut. Gugatan menyangkut SK Mendagri tentang Pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Manado. Gugatan lainnya, terkait SK KPU Manado tentang jadwal pelaksanaan Pilkada, dan penetapan pasangan calon. Masing-masing tergugat hadir dalam persidangan meskipun hanya diwakili.(swarakita/dsw)



« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment