Berita Terbaru

Wednesday, August 3, 2016

Petani kakao Bolsel "dihantui" jamur
by Totti boy - 0

Molibagu, SMCOM-Ternyata bukan hanya musim panas saja yang bisa mengalami matinya tanaman-tanaman milik petani. Musim penghujan juga bisa mengakibatkan kemarian tanaman. Perlu untuk diantisipasi meningkatnya curah hujan yang terjadi sekaarang ini tentunya bisa mengakibatkan serangan hama jamur.
Petani kakao misalnya. Belakangan dalam pergantian musim seperti terjadi sekarang ini, kadang bisa mengakibatkan menurunya tingkat produksi kakao di Kabupaten Bolsel.
Kepala Dinas Perkebunan, Maksi Limbat mengatakan pada musim penghujan seperti ini tanaman kakao yang banyak terserang penyakit. Jamur menyerang pada bagian buah sehingga menjadi busuk. “Serangan jamur pada tanaman ini patut diwaspadai petani karena jika tidak segera dikendalikan dapat mengakibatkan turunnya produksi,” ungkap Limbat, Selasa 2 Agustus 2016.
Dikatakannya kondisi musim hujan seperti sekarang ini berbahaya dan bisa berakibat terjadi kerugian besar. Pasalnya, cuaca musim hujan sangat erat terjadi kelembaban tinggi sehingga berpengaruh terhadap kualitas biji kakao dan turunnya hasil produksi karena jamur. “Yang sering menghantui petani adalah jamur disaat musim hujan seperti ini karena mengalami kelembaban tinggi,” jelas Limbat.
Salah satu cara untuk mencegahnya dengan sering mengontrol tanaman dan rajin memangkas ranting, dahan dan daun yang tidak bergun karena membuat kelembaban yang bisa menghambat penyinaran matahari. “Selain melakukan penyemprotan secara teratur tidak kalah pentingnya menjaga kondisi lahan selalu bersih,” katanya.(chan)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment