Berita Terbaru

Thursday, August 25, 2016

Lestarikan seni budaya Sitaro, Pemkab gelar pentas di tempat umum
by Unknown - 0

Salah satu penampilan grup tari yang memeriahkan pentas seni budaya Sitaro, Kamis (24/8/2016).
SITARO, SMCOM—Untuk terus melestarikan dan mengembangkan seni budaya yang dimiliki Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), maka Pemkab melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) yang dipimpin Kadis Dra SW Katiandagho, menggelar pentas seni budaya di tempat umum, tepatnya di Pelabuhan Ulu Siau Kecamatan  Siau Timur (Sitim), Kamis (24/8/2016) tadi. Pentas yang berlangsung kurang lebih 2 jam tersebut, menyajikan beberapa tari-tarian, seperti tari Kliki Tong, tari Merah Putih, dan tari Petik Pala.

Winston Sagune, salah seorang pegawai Disbudpar Sitaro menjelaskan kegiatan tersebut sudah menjadi program Disbudpar Sitaro. "Tujuan utama diadakannya pentas ini adalah untuk menggali, menghidupkan dan mengembangkan kreatifitas, bakat masyarakat dalam bidang seni budaya. Jenis tarian yang dipamerkan adalah merupakan tarian peninggalan nenek moyang," ungkap Sagune kepada SwaraManado.com.

Beberapa penari mengaku sangat bangga bisa membawakan tarian yang merupakan peninggalan nenek moyang mereka. Menurut mereka, dengan menjadi penari mereka bukan hanya bisa menari namun lebih menariknya lagi mereka mengaku dengan  menari mereka bisa mengetahui nilai sejarah yang dituangkan dalam seni tari tersebut yang dulunya tidak tahu.


Para warga yang menyaksikan juga mengaku senang. Yeri Derek misalnya, yang menilai hal tersebut merupakan kegiatan yang sangat positif. "Kita senang dengan adanya pentas seni ini. Ini positif dan perlu dikembangkan. Karena dengan kegiatan pentas kesenian di tempat umum masyarakat yang dulunya tidak tahu tentang tarian tradisioanal dan sejarah yang tertuang di dalamnya akirnya menjadi tahu," ujar Ketua Bagasi Pelabuhan Ulu tersebut.(ddk)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment