Berita Terbaru

Monday, August 8, 2016

Lestarikan seni budaya, pelajar belajar Tagonggong dan menabu alat musik
by donwu - 0

Sejumlah pelajar serius mengikuti latihan tari khas Sitaro.
SITARO, SMCOM—Untuk melestarikan seni dan budaya asli Kabupaten Kepulauan Sitaro, sejumah pelajar SMP Negeri 1 Ulu Siau, selama dua hari ini mempelajari bagaimana menabuh irama alat musik gendang atau dikenal dengan Tagonggong, serta mempelajari jenis tarian yang diiringi oleh alat tersebut.

Untuk mempelajari bagaimana menabu alat musik dan bagaimana menari mengikuti alunan musik tradisional tersebut, beberapa plajar dilatih Aba Nejo Dawid, seorang tokoh masyarakat Sitaro yang juga seniman alat musik tersebut. “Saya senang melatih mereka, apalagi melihat ketekunan mereka dalam mempelajari seni budaya," ujar Dawid kepada SwaraManado.com, Senin (8/8/2016) sore.

Ia mengatakan kalau para pelajar tersebut sangat mudah untuk diajari. "Dorang sangat mudah untuk diajar. Baru dua hari belajar menabuh dan menari tapi mereka sudah menguasai ketukan dan tarian," tambahnya.

Erik Kansil, guru yang mendampingi mengungkapkan kalau latihan tersebut selain untuk mengisi acara pelepasan peserta Jambore Pramuka yang akan mewakili Sitaro yang  rencananya akan dilepas Bupati Toni Supit SE MM pada Kamis (11/8/2016) nanti, juga untuk menimbulkan rasa kecintaan para genderasi muda Sitaro terhadap seni dan budaya. "Untuk saat ini jumlah mereka yang berlatih adalah 8 siswa penari dan 4 orang pemain musik,” ucapnya.

Sementara itu, beberapa pelajar terlihat sangat antusias mempelajari alat musik tradisional has Sitaro tersebut, dan berharap kiranya bisa tampil dengan baik dan dapat menarik simpati dari para generasi muda yang lain untuk mencintai kekayaan seni dan budaya yang dimiliki.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment