Berita Terbaru

Friday, August 19, 2016

Kwalitas UNSRAT Anjlok
by Noberd Losa - 0



MANADO,SM.COM - Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi membuat daftar peringkat nasional perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia.

Bertepatan dengan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, Kementerian Riset Teknologi Pendidikan Tinggi melansir daftar 12 perguruan tinggi terbaik nasional tahun 2016. Daftar diumumkan Menteri Ristekdikti M Nasir di Jakarta, Rabu (17/8).

Dalam keterangan pers yang dikutip dari media nasional, Menristekdikti M Nasir mengungkapkan metode penilaian perguruan tinggi terbaik tidak banyak berubah dibanding sebelumnya.

Penilaian berdasarkan indikator kualitas kegiatan penelitian sebesar 30 persen, dosen (12%), Kualitas dosen (18%), Akreditasi (30%), dan Kualitas kegiatan kemahasiswaan (10%).

Nasir menjelaskan, kriteria akademik dilihat berdasarkan prestasi dosen dan mahasiswa. Termasuk, kata dia, jumlah dosen yang mengajar di setiap kampus, serta rekam jejak para dosen tersebut. Tim dari Pendidikan Tinggi itu juga merujuk kepada hasil penilaian mutu dosen.

Penilaian administrasi dilihat dari laporan keuangan perguruan tinggi. Tata kelola keuangan selama tiga tahun terakhir termasuk ke dalam poin penting penilaian. Perguruan tinggi harus mendapat predikat wajar tanpa pengecualian.

Dari hasil tersebut, universitas sam Ratulangi Manado anjlok ke posisi 70 jika dibandingkan dengan peringkat tahun lalu peringkat 53.

Berikut Peringkat Perguruan Tinggi yang ada di Sulut :

70  Universitas Sam Ratulangi Manado
403  Universitas Klabat
411  Akademi Fisioterapi ST Lukas Tomohon
452  Universitas Negeri Manado (Unima)
478  Akademi Keperwatan Rumkit Tingkat III Manado
481  Sekolah Filsafat Seminari Pineleng
608  Politeknik Negeri Manado
615  Sekolah Tinggi Desain La Salle
790  STIE El Fatah Manado
796  STIE Sulut
1.194  Universitas Dumoga Bone Kotamobagu
1.197  Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Manado.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment