Berita Terbaru

Thursday, August 4, 2016

Kolaps, UDK bakal pindah ke Boltim
by Totti boy - 0

BUPATI Boltim Sehan Landjar saat diwawancarai wartawan, terkait kolapsnya UDK.(foto: ist)
Tutuyan, SMCOM-Universitas Dumoga Kotamobagu (UDK) seperitinya bakal berpindah ke Kabupaten Boltim. Pasalnya, universitas yang pertama kali hadir di kota jasa, yakni Kota Kotamobagu (KK) sudah kolaps atau jatuh akibat yayasannya tak jelas dan lahannya dianggap tak memenuhi syarat sebagai perguruan tinggi.
Hal ini dibenarkan Bupati Boltim Sehan Landjar. Kepada media, Rabu 3 Agustus 2016, Landjar mengukapkan bahwa saat ini UDK lagi kolaps karena yayasan yang dinaungi UDK sudah tidak jelas. Selain yayasan, lahan yang sekarang ini berdirinya UDK juga tidak memenuhi syarat.
"Wakil Walikota KK Jainuddin Damopolii meminta ke saya dapat mencarikan solusi, agar UDK tidak di coret oleh pihak Direktorat Pendidikan Tinggi (Dikti). Saya pun langsung menghubungi Bupati lain namun yang bersedia hanya Bupati Bolmut Depri Pontoh. Mereka betiga pun kata Ladjar, langsung bertemu dengan pihak kementrian membicarakan masalah ini dan akhirnya kementrian menerima permintan tersebut. Tapi dengan empat syarat. Yang pertama dari 6 Program studi (Prodi) harus dinaikan 10 prodi, kedua lahan untuk kampusnya minimal harus luas 1 hektar, ketiga yayasan harus yayasan baru bukan yang lama, dan yang keempat dosen pengajarnya minimal 62 dosen non Pegawai Negeri Sipil (PNS).
"Ini syarat yang harus kita penuhi. Sebenarnya sejak tanggal 1 Mei 2016 Dikti sudah mencoret UDK, tetapi dengan upaya kita bertiga, yakni Wakil Walikota KK, Bupati Bolmut dan Bupati Boltim sehingga Dikti memberikan kesempatan hingga 31 Desember 2016 ini, " ungkap Landjar.
Adapun dari empat syarat tersebut satunya sudah terpenuhi, yakni pembentukan yayasan, karena dananya sudah disiapkan sebesar Rp150 juta. Sebab untuk membentuk yayasan baru harus ada dana awal, dan itu telah disiapkan. Tinggal syarat yang lain, tetapi untuk lahan menurut Lanjar pihaknya bersedia menghibahkannya dan ratusan hektar pun Boltim siap.
"Sehingga kalau persoalan lahan ini hanya Boltim yang bersedia bisa jadi UDK bisa pindah ke Boltim. Tetapi  universitasnya akan diubah. Kalau bukan Universitas Bolaang Mongondow Raya (UBMR) atau Universitas Bogani. Dua nama universitas ini kita siapkan jika UDK pindah di Boltim," ujarnya.(faruk)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment