Berita Terbaru

Monday, August 29, 2016

Gedung CTI 47 miliar “berbau” korupsi, LSM siap bawa ke ranah hukum
by Unknown - 0

Gedung CTI di Kairagi, gedung megah dan unik ini belum juga digunakan.
MANADO, SMCOM—Gedung Coral Triangle Intiative (CTI) yang berada di Kairagi Manado, yang difungsikan sebagai Kantor Sekertariat Regional, ternyata diduga berbau korupsi. Pasalnya gedung yang pembangunannya menggunakan dana DIPA berbandrol total Rp47.255.968.000 tersebut, sampai saat ini tidak juga difungsikan sebagaimana mestinya.

Diduga, spek bahan yang digunakan untuk atap bundar dari awal tidak bagus. Kuat dugaan ada unsur kesengajaan agar supaya setiap tahun dilakukan renovasi. Dugaan lain dimana perekat antara atap tidak cocok akibatnya jika hujan terjadi kebocoran.

Diketahui proyek pengerjaan gedung tersebut, dikerjakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk pada Tahun 2011 dan 2012. Dimana pada Tahun 2011dianggarkan Rp10 Miliar, dan Tahun 2012 kembali cair anggaran Rp42.765.000.000 nomor kontrak B.05/PPK.3/SJ.5/PL.420/XI/2011 tgl 1 Novemver 2011, dengan nilai kontrak Rp47.255.968.000.

Dengan adanya dugaan korupsi ini, LSM Masyarakat Jaring Koruptor Sulut (MJKS) sebagai pemerhati kasus korupsi akan mengambil langkah kritis. Tetkait adanya indikasi korupsi dibalik pembangunan Gedung CTI. "Kami menduga, ada unsur kesengajaan dari awal agar gedung CTI setiap tahunnya dilakukan renovasi ini sama saja menjadi proyek sepanjang masa, ” kata ketua MJKS Stanly Towoliu akhir pekan lalu.

Lanjut dikatakan Towoliu bahwa kalau Gedung tersebut direnovasi, tidak ada gunanya. Sebab pembangunan gedung sudah salah dari awal. “Renovasi tidak akan menyelesaikan masalah kebocoran, sebab sejak awal konstruksinya sudah salah," ucapnya.

Nah dengan begitu mala pihaknya akan membawa dugaan korupsi ini ke Kejati Sulut. "Kami akan melaporkan hal ini ke kejati sulut, bahkan terbuka kemungkinan kami akan membawa data yang ada di kami ke KPK, sebab proyek ini melibatkan orang dari kementrian," tandas Towoliu.(lan)

Bisa juga dibaca di SKH SWARA KITA Manado dan akses die Paper www.swarakita-manado.com edisi Senin 29 Agustus 2016.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment