Berita Terbaru

Tuesday, August 16, 2016

Ditegur Hakim, Syarif Darea Penggugat SK Mendagri tak kuasai materi gugatan
by Unknown - 0

Majelis Hakim saat menegur Penggugat dalam ruang sidang PTUN Manado, Selasa (16/8/2016) hari ini.(foto: donny/sk/sm)
MANADO, SMCOM-Syarif Darea selaku Penggugat Surat Keputusan (SK) Mendagri terkait pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2016-2021 seolah tak menguasai materi gugatan yang dia layangkan. Hal ini terlihat dalam sidang lanjutan gugatan yang sementara digelar di PTUN Manado, Jl Pumorow Manado, Selasa (16/8/2016) siang hingga sore ini.

Tak pelak Majelis Hakim pun berulang kali menegur Penggugat dan kuasa hukumnya, karena mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang sama dan berulang. “Kami minta Penggugat untuk tidak mengulang-ulang pertanyaan. Ini Penggugat hanya mengulang pertanyaan yang sama dari tadi, hanya diramu dengan kalimat lain,” tegur Hakim Ketua Ceckly Kereh.

Tak hanya itu, Majelis Hakim pun beberapa kali menegur pihak Penggugat karena menjadikan ruang sidang yang terhormat sebagai tempat berdebat. “Tolong Penggugat, jangan debat kusir di sini. Ini ruang sidang,” tegas Kereh yang kembali menegur Penggugat dan kuasa hukumnya. “Hormati persidangan ini,” tandas Kereh.

Diketahui, dalam sidang kali ini Majelis Hakim mendengarkan keterangan Saksi yang terdiri dari Saksi Ahli dari Fakultas Hukum Unsrat Dr Tommy Sumakul SH MH, Saksi dari KPU RI yakni Kepala Biro Hukum Inung Nur Syarifah, Saksi dari Anggota Dekot Manado Deasy Roring, dan Saksi dari Pemkot Manado yakni Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Barang Milik Daera (BPKBMD) Manarsar Panjaitan.

Sengketa ini berawal ketika Syarif Darea sebagai penggugat, mengajukan gugatan kepada tergugat I Menteri Dalam Negeri (Mendagri), tergugat II Komisi Pemilihan Umum (KPU) Manado, dan tergugat III Gubernur Sulut. Gugatan menyangkut SK Mendagri tentang Pengangkatan Walikota dan Wakil Walikota Manado. Gugatan lainnya, terkait SK KPU Manado tentang jadwal pelaksanaan Pilkada, dan penetapan pasangan calon. Masing-masing tergugat hadir dalam persidangan meskipun hanya diwakili.(swarakita/dsw)


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment