Berita Terbaru

Wednesday, August 3, 2016

Bendungan Kuwil bakal kendalikan banjir
by Totti boy - 0

KEPALA Balai Wilayah Sungai Sulawesi I Diidop Watania, saat menerangkan rencana pembangunan bendungan Kuwil pada sejumlah media.(foto: boyz)  
Airmadidi, SMCOM-Kementerian Pekerjaan Umum (PU) dan Perumahan Rakyat Direktorat Jendral Sumber Daya Air Balai Wilayah Sungai Sulawesi I, dalam waktu dekat siap membangun bendungan Kuwil Kawangkoan Minut.
Hal ini disampaikan Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi I Diidop Watania ketika melakukan audiens bersama Bupati Minut Vonnie A Panambunan dan Wabup Joppie Lengkong, Rabu 3 Agustus 2016 kemarin.
Dijelaskan Watania, kegiatan pembangunan waduk masuk dalam prioritas Peraturan Presiden RI Nomor 3 tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.
"Sehingga pembangunan bendungan Kuwil Kawangkoan Minut ini penting untuk dilaksanakan dalam rangka mewujudkan waduk sebagai infrastruktur penyediaan air baku sekaligus berfungsi sebagai pengendali banjir," tutur Wantania.
Informasi yang diperoleh, lokasi pekerjaan Bendungan Kuwil Kawangkoan Minut terletak melintang di sungan Tondano di sebelah hilir PLTA Tanggari II, tepatnya di Desa Kawangkoan Kecamatan Kalawat.
Bupati Vonnie A Panambunan menyambut baik rencana pembangunan bendungan tersebut. "Saya bangga karena di Provinsi Sulut, pembangunan bendungan hanya di dua daerah saja yaitu Minut dan Lolak. Saya juga akan membantu masalah pembebasan lahan sesuai aturan yang ada, dan jika lahan tersebut adalah wilayah adat tentunya akan diatur sesuai budaya setempat. Bendungan ini untuk kepentingan yang sangat besar kedepan yaitu mengatasi banjir, olehnya saya berharap masyarakat juga mendukung," ujar Panambunan.(boy)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment