Berita Terbaru

Wednesday, August 3, 2016

5 M uang rakyat "habis" di tangan Dekot Kotamobagu
by Totti boy - 0

AHMAD Sabir
Kotamobagu, SMCOM—Nyaris habiskan dana perjalanan dinas. 25 wakil rakyat di Dekot Kotamobagu dikritik sebagai pemboros uang rakyat. Dimana dana Perjalanan Dinas (PD) yang tertata dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hampir habis hanya dalam kurun waktu tujuh bulan. 
Informasi yang dirangkum Swara Kita, para wakil rakyat sudah berhasil menghabiskan dana perjalanan dinas sebanyak Rp5 miliar. Itu artinya, dalam sebulan seluruh anggota Dekot menghabiskan sekira Rp714 juta atau dua kali perjalanan dinas baik ke luar provinsi maupun dalam provinsi.
Modus digunakan wakil rakyat masih tetap sama seperti sebelum- sebelumnya yakni ikut Bimbingan teknis (Bimtek), Studi banding, atau kunjungan kerja. Informasi diperoleh, dalam satu tahun dianggarkan Rp6,8 miliar untuk perjalanan dinas Dekot Kotamobagu dengan dana yang dihabiskan sudah mencapai Rp5 miliar.
Berarti tinggal tersisa Rp1,8 miliar dan dipastikan di APBD Perubahan para wakil rakyat akan minta tambahan lagi. “Memang anggota Dekot luar biasa. Cepat sekali mereka menghabiskan Rp5 miliar hanya untuk perjalanan dinas yang sampai saat ini belum ada manfaatnya. Coba cek di sekretariat Dewan informasi ini biar tidak sepihak,” ungkap sumber resmi kemarin di kantor Dekot Kotamobagu yang minta namanya tak dikorankan.
Sekretaris Dekot Kotamobagu Dolly Dzulhadji saat dikonfirmasi tak menampik informasi tersebut. Dzulhadji mengatakan, besarnya dana yang telah diserap 25 wakil rakyat untuk perjalanan dinas sudah dia sampaikan di rapat internal sekretariat dan anggota Dewan.
“Karena masih ada beberapa bulan lagi, sudah pasti Dewan akan minta tambahan anggaran untuk perjalanan dinas. Setiap tahun memang begitu,” kata Dzulhadji, Selasa 2 Agustus 2016.
Terpisah, Ketua Dewan Kotamobagu Ahmad Sabir mengatakan, besarnya dana perjalanan dinas yang mereka serap dalam waktu tujuh bulan sangat wajar dan tidak perlu dipersoalkan karena semua bisa dipertanggungjawabkan.(yun)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment