Berita Terbaru

Wednesday, July 13, 2016

Raih suara terbanyak, Prof Paula Runtuwene kans kuat pimpin Unima
by donwu - 0

3 besar calon Rektor Unima periode 2016-2020, dimana Prof Paula Runtuwene meraih suara terbanyak dibandingkan para kandidat lainnya.
MINAHASA, SMCOM—Setelah sebelumnya Pemilihan Rektor (Pilrek) Universitas Negeri Manado (Unima) di Tonando, Minahasa, dimentahkan oleh Kementerian Riset, Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristek Dikti) karena dianggap bermasalah, maka pada Rabu 13 Juli 2016 siang tadi, Pilrek Unima kembali digelar.
Sejak awal pendaftaran, ada 25 bakal calon Rektor yang ikut suksesi, namun hanya 19 yang bisa meneruskan pertarungan, karena empat calon lainnya tidak lolos administrasi sementara satunya lagi mengundurkan diri. Dan, dari hasil pemilihan yang dilakukan Senat Universitas, disaring 3 besar calon Rektor Unima periode 2016-2020. 
Peraih suara terbanyak adalah Prof Dr Ir Julyeta PA Runtuwene MS DEA yang berhasil mengumpukan 24 suara. Di tempat kedua diraih Prof Dr Joulanda Rawis MPd dengan 18 suara, disusul Dr Raymond J Rumampuk MSi dengan 7 suara. Sementara suara lainnya tersebar kepada beberapa calon yang namanya lolos dalam kancah Pilrek Unima tersebut dengan total keseluruhannya adalah 67 surat suara.
Melihat perolehan suara ini, maka Prof Paula—sapaan akrab Prof Dr Ir Julyeta PA Runtuwene MS DEA—berpeluang besar menempati kursi tertinggi di Unima. Apalagi jika ditambah dengan suara dari Menteri Ristek Dikti. “Prof Paula punya kans paling besar jadi Rektor Unima karena melihat perolehan suaranya paling banyak di antara calon lainnya, termasuk saya,” ujar salah satu calon Rektor yang enggan namanya diberitakan.
Inilah perolehan suara 19 calon Rektor Unima.
Ketua Panitia Pilrek Prof AG Senduk mengatakan, pelaksanaan Pilrek Unima ini sudah berjalan dengan baik, transoaran dan berintegritas. Dikatakannya, sebelum pemilhan panitia terlebih dahulu melakukan pengecekan kotak suara dan dipastikan benar-benar kosong, dilanjutkan dengan penghitungan surat suara yang akan dipakai, dan dari daftar hadir Senat Universitas total ada 67. Senat mencontreng 1 di antara 19 bakal calon yang ada." Untuk pelaksanaan contreng dari Senat, kami telah menyediakan alat tulis seperti bolpoin dan spidol. Artinya para Senat tinggal mencontreng siapa yang menjadi pilihannya sesuai dengan pemaparan visi dan misi mereka," ujar Senduk.
Prof Paula Runtuwene (kedua dari kanan) bersama para calon Rektor Unima lainnya.
Sebelumnya, Plh Rektor Unima Prof Jamal Wiwoho memberikan kesempatan kpada 19 bakal calon Rektor menandatangani pakta integritas yang di antaranya berisi hasil keputusan dan tetap melaksanakan tugas seperti biasa meski tidak terpilih nanti, sekaligus menyampaikan biodata pribadi sekaligus visi dan misi untuk Unima kedepan.(win/dsw)

Selengkapnya baca juga di SKH Swara Kita Manado

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment