Berita Terbaru

Thursday, July 28, 2016

OD-SK Tolak MMP, September Jokowi lakukan peletakan batu ke MMP
by noberd losa - 0



MANADO,SM.COM - Komitmen Gubernur Olly Dondokambey (OD) - Wagub Steven Kandouw (SK) penolakan terhadap pertambangan khususnya pertambangan di pulau Bangka ternyata ditaklukan oleh aturan, pasalnya perusahaan PT Mikgro Metal Perdana (MMP) kini bebas berproduksi karena telah dilengkapi ijin resmi dari pemerintah pusat.

Pengakuan tersebut disampaikan oleh Gubernur Dondokambey mengatakan kaitan pengoperasian dan produksi PT.MMP sudah tak dapat dibendung lagi karena kalah kewenangan.

"Kan ada ijin, kenapa kita larang tapi tunggu sampai zonasi selesai," kata Dondokambey.

Menurut Dondokambey, Pemerintah Provinsi bersama DPRD Sulut sedang menggodok Ranperda Zonasi dan secara tegas telah tidak menyetujui pembangunan pelabuhan bagi PT MMP.

Sementara itu Rocky Wowor anggota Pansus Zonasi menambahkan, langkah tegas yang kini dilakukan oleh DPRD Sulut dan Gubernur Dondokambey adalah memanfaatkan kewenangan yang diatur dalam undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang kewenangan provinsi di pesisir.

"Pemerintah pusat keluarkan ijin produksi, tapi pemerintah daerah masih dapat melakukan langkah penghentian kerja PT MMP dengan pelarangan pendirian pelabuhan bagi PT MMP," kata Wowor.

Menurut Wowor, dengan langkah pelarangan pendirian pelabuhan tersebut dapat dilakukan sesuai dengan kewenangan yang diatur dalam aturan.

"MMP memang dapat ijin produksi, tapi jika mereka produksi tidak akan dapat mengeluarkan hasil produksi keluar, jadi sebaiknya pertambangan di pulau Bangka dihentikan karena daerah tersebut sudah ditetapkan pak OD untuk deatinasi wisata," kata Wowor.

Menurut Wowor, Gubernur Dondokambey tengah berupaya menggalang kekuatan penolakan terhadap PT MMP sampai ke pusat yang diantaranya dengan rapat bersama 3 kementerian bersama Pemerintah Daerah dan forkompimda pada beberapa pekan lalu.

"Dua minggu lalu rapat tersebut sudah dilakukan bersama kementerian polhukam dan sepakat rapat menolak pertambangan di pulau Bangka," kata Wowor.

Perjuangan OD-SK dan DPRD Sulut melakukan penolakan terhadap pertambangan akan menempuh waktu yang lama karena diperhadapkan dengan kewenangan yang jauh lebih tinggi.

Namun yang mengherankan terinformasi, kedatangan Presiden Jokowi ke Sulut pada September nanti akan melakukan peresmian peletakan batu pertama di tiga titik yang diantaranya adalah peletakan batu pertama ke perusahaan PT MMP.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment