Berita Terbaru

Tuesday, July 26, 2016

GSVL berharap Munas APEKSI V berjalan lancar
by donwu - 0


Walikota Manado GS Vicky Lumentut selaku Ketua Dewan APEKSI (kanan) bersama para Korwil APEKSI di welcome dinner, Selasa 26 Juli 2016 malam.(foto: donny/sk/sm) 
JAMBI, SMCOM—98 Walikota se-Indonesia menghadiri Musyawarah Nasional (Munas) ke-5 Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) tahun 2016 di Kota Jambi, 26-28 Juli 2016. Berbagai persiapan terus dilakukan, mulai dari persiapan tempat acara puncak, hotel untuk para Walikota dan delegasinya hingga pembasan berbagai rangkaian acara.
Walikota Manado DR GS Vicky Lumentut (GSVL) yang juga Ketua Dewan APEKSI 2011-2016 sudah berada di Jambi pada Selasa 26 Juli 2016, sekaligus meninjau dari dekat persiapan pelaksanaan hajatan nasional ini. “Kita berharap kegiatan ini bisa berjalan lancar, berbagai kegiatan yang disiapkan panitia kiranya berjalan maksimal,” ujar Walikota GSVL.
Malamnya, Walikota GSVL bersama para Walikota menghairi acara welcome dinner dari Walikota Jambi Syarif Fasha selaku tuan rumah yang digelar di Ratu Convention Center. 
Diketahui, perhelatan nasional ini selain Munas yang agenda utamanya pemilihan Ketua Dewan APEKSI periode 2016-2021, APEKSI ini juga akan menggelar pameran berkelas nasional yaitu City Expo yang akan diikuti ratusan stan dari berbagai daerah baik instansi pemerintah maupun swasta termasuk UMKM. Pada area City Expo tersebut juga disediakan panggung hiburan dan kesenian. Selain diisi berbagai hiburan, panggung tersebut juga akan menyajikan tampilan ragam budaya dan seni dari utusan pemkot se-Indonesia. 
Sebelum City Expo dibuka, terlebih dahulu akan diselenggarakan Pawai Budaya Nusantara. Para Walikota se-Indonesia dengan delegasi dan duta budayanya akan turun ke jalan mengikuti parade budaya, dengan berbagai kreasi pernak-pernik khas daerah masing-masing. Dikatakan Fasha, kegiatan APEKSI ini dapat menjadi promosi daerah sekaligus ajang pameran bagi UMKM dan seni budaya baik dari Kota Jambi maupun dari kota lain di Indonesia. “Kegiatan ini juga akan meningkatkan ekonomi masyarakat,” kata Walikota Fasha.
Munas ke-5 di Kota Jambi tahun ini, tema yang diangkat adalah Implementasi Pasca Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Karena saat ini, Indonesia telah memasuki UU yang baru tentang pemerintahan daerah. Tema itu diangkat karena menyangkut kebijakan umum pemerintahan daerah, dana transfer daerah, aparatur sipil negara dengan Undang-Undang ASN, dan masih adanya tumpang tindih UU sektoral dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014.(dsw/inc)

Bisa juga ibaca di SKH SWARA KITA Manado dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Rabu 27 Juli 2016.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment