Berita Terbaru

Friday, July 15, 2016

Dondokambey - Angouw Sukses bawa omset bagi perikanan Sulut
by noberd losa - 0




MANADO,SM.COM - Misi kembangkan Sulut menuju lompatan ekonomi besar mulai dibuktikan, dalam perjalanan keluar negeri yang dilakukan oleh Gubernur Olly Dondokambey - Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw selama beberapa hari buahkan hasil bagi komoditas perikanan Sulut.

Misi ekonomi yang dilakukan oleh Dondokambey - Angouw membuahkan hasil dengan sokongan dari duta besar indonesia untuk Serbia Montenegro harry james kandou.

Komoditas perikanan Sulut sedang incar pasar baru ekspor perikanan ke eropa tenggara melalui pintu masuk Serbia dimana perikanan akan menambah jenis produk ekspor sulut yang sebelumnya didominasi kelapa dan pala.

Wilayah eropa tenggara untuk ekspor ikan kaleng ditandai dengan munculnya belasan importer ikan di Beograd,Serbia yang mendapat pasokan ikan dari bitung dalam lima tahun terakhir.

Pasar ikan dan produk perikanan dikawasan Balkan yang berpenduduk 60 juta jiwa, prospektif topografi kawasan Balkan yangsebahagian tidak memiliki laut seperti di Albania, Bulgaria, Romania dan bosnia adalah peluang ekonomi yang harus dimanfaatkan sulut dan pintu masuknyamelalui Serbia yang kemudian disalurkan ke negara tetangga.

Demikian halnya penjelasan Sekertaris ekonomi KBRI Serbia dan Montenegro yoyo pamungkas bahwa dua perusahaan importer kan Beograd, PT.Lovopromet dan PT.BTCyangmengimpr ikan dari bitungberup ikan kaleng sebanya 5-10 ton per tiga bulan. Ikan asalbitung lalu dikemas daam merk Serbia, Mali Princ.

Sementara itu, perusahaan ritel di Beograd yakni PT Delhaze menyiapkan dana 500.000 euro per bulan untuk mengimpor ikan asal bitung dan saat ini perusahaan tersebut sedang mencari pemasok asal bitung.

Sulut agresif ekspor komoditas hasil perkebunan pala dan kelapa ke eropa timur yakni Rusia,Polandia,Latvia,Ceko dan Ukrania mencapai 1,7 ton dengan nilai ekspor 3,2 juta dollar AS.

Potensi ekspor perikanan sulut besar, ada 7 pabrik ikan dan 25 unit pengolahan ikan khusus di bitung dan berkapasitas produksi mencapai 1.400 ton ikan setiap hari.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment