Berita Terbaru

Wednesday, June 15, 2016

VAP peringatkan tidak sembarang tebang kelapa
by Totti boy - 0

VONNIE Panambunan
Airmadidi-Adanya laporan penebangan pohon kelapa dalam atau jangkung produktif di wilayah Desa Marinsow Likupang Timur (Liktim), membuat Bupati Minut Vonnie A Panambunan geram. Pasalnya, penebangan pohon kelapa tersebut disinyalir untuk pembukaan lahan.
"Saya sudah mintakan Kasat Pol-PP lakukan peninjauan di lokasi Desa Marinsow terkait penebangan kelapa yang terjadi disana, dan sekaligus pertanyakan secara jelas ke Hukum tua (Kumtua). Kalau mau potong cukup kelapa hibrida saja," tutur Panambunan.
Dijelaskan Panambunan peran pohon kelapa sangat penting bagi keseimbangan alam sekaligus untuk manusia, jadi jangan ditebang sembarang. Karena selama ini buah kelapa adalah bagian yang paling banyak manfaatnya. Kelapa muda bisa dijadikan minuman segar, sedang kelapa tua diambil santannya. Buah kelapa juga dibuat menjadi minyak goreng, sedang air kelapa tua bisa menjadi nata de coco.
"Dari hasil itulah sebagian besar masyarakat Minut hidup dari buah kelapa yang mereka tanam, sehingga tidaklah pantas untuk ditebang demi pembukaan lahan," tegas Panambunan, Rabu 15 Juni 2016.(boy)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment