Berita Terbaru

Wednesday, June 1, 2016

Tante Na' : Kereta Manado-Bitung, masih menunggu "restu" Dondokambey
by noberd losa - 0

Ketua Komisi III DPRD Sulut, Adriana Dondokambey yang kerap disapa Tante Na'


MANADO,SM.COM - Ketua Komisi III DPRD Sulut Adriana Dondokambey tegaskan proyek kereta api jalur Manado-Bitung masuki tahap pematangan karena telah dipersiapkan anggaran awal oleh kementrian perhubungan (Kemenhub) sebesar Rp5 miliar khusus untuk pembebasan lahan.

"Saat ini Tim Kemenhub sebagai penanggung jawab proyek telah menyiapkan dana dari APBN sebesar Rp.5 Milyar khusus untuk pembebasan lahan, proyek ini dan akan melalui jalur antara Manado sampai Bitung, "kata Adriana,

Menurut Adriana yang kerap disapa Tante Na' jalan tidaknya proyek kereta api tersebut kini tinggal menunggu rekomendasi resmi gubernur Olly Dondokambey.

Hanya saja ditegaskan Tante Na', pembuatan rel kereta api harus ada kesiapan studi amdal yang jadi syarat mutlak.

"Selain itu survey terkait Study Kelayakan, Infrastruktur, Amdal mengenai Pembangunan Jalur Kereta Api yang panjangnya sekira 41,824 km," katanya.

Persoalan lain yang harus diperhatikan menurut Tante Na' adalah tenaga kerja dalam pembuatan rel Kereta api yang diharapkan pemerintah akan hadirkan tenaga profesional dari luar daerah.

"Pastinya tenaga yang profesional dan bukan tenaga kerja lokal. Kan, tenaga kerja di Sulut belum ada yang lakukan kerja seperti itu," pungkasnya.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment