Berita Terbaru

Thursday, June 23, 2016

Sidak Satgas GEMPITA: Puskesmas Teling Atas ditutup, pelayanan kesehatan tidak ada
by donwu - 0

TIM B Satgas GEMPITA menemukan pintu utama Puskesmas Teling Atas sudah dikunci dan tak ada aktivitas pelayanan kesehatan saat sidak Kamis (23/62016) sore sekitar Pukul 15.30 Wita.(foto: donny/sk)
MANADO, SMCOM—Beberapa hari lalu, Satgas GEMPITA (Gerakan Masyarakat Pintar dan Taat Aturan) Pemkot Manado bentukan Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Dominus Bastiaan SE, mendapati Puskesmas induk Kecamatan Wenang yang berlokasi di samping kantor Lurah Teling Bawah kosong dan tak ada satupun dokter maupun staf aparatur sipil negara (ASN) yang bertugas. 
Hal serupa kembali ditemukan Satgas GEMPITA di Puskesmas Teling Atas, Kamis (23/6/2016) sore sekitar Pukul 15.30 Wita. Puskemas yang berlokasi tepat di samping RS Advent Teling ketika hendak dikunjungi Tim B Satgas GEMPITA, pintu utama sudah dikunci. Tak ada aktivitas di dalam Puskesmas ketika Satgas GEMPITA memantaunya dari luar. Ironisnya, di pintu tersebut ditulis pelayanan 1x24 jam, kendati hanya untuk pelayanan UGD (Unit Gawat Darurat).
Koordinator Tim B Robert Dauhan SSTP MSi dan personil BKD Manado Cliff Pangau pun coba melihatnya dari pintu samping, tepatnya di ruang UGD, tetapi juga ditemukan tak ada aktivitas. Tak berapa lama kemudian, salah seorang perempuan membuka pintu utama dari dalam ruangan, kemudian Satgas GEMPITA masuk. Di dalam juga ada seorang perempuan lainnya. Rupanya keduanya merupakan staf jaga di Puskesmas tersebut.
“Maaf ibu, kenapa sudah tutup?,” tanya Dauhan yang tak mampu dijawab dua staf tersebut. “Kalau boleh tahu, ibu-ibu ini apa?” lanjut Dauhan bertanya. “Oh, kami staf pak di sini. Kebetulan kami berdua sif sore, yang lain sudah pulang sejak jam 2 tadi (pukul 14.00 Wita),” jawab salah satu ibu. “Kalau dokter ada?,” tanya Dauhan kembali. “Ada,” jawab ibu lainnya. Sayangnya, saat ditanya dimana dokter yang dimaksud, kedua staf tersebut tidak bisa menjawabnya. “Bagaimana kalau ada pasien yang datang sore ini kalau dokter dan pegawai tidak ada. Apalagi pintu sudah ditutup,” tukas Pangau.
Kondisi seperti ini tentunya mengganggu pelayanan kepada masyarakat, apalagi berkaitan langsung dengan pelayanan kesehatan. Ironisnya, kunjungan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Yuddy Chrisnandi beberapa hari lalu seolah hanya menjadi kunjungan seremonial semata. “Aneh, beberapa waktu lalu Pak Menpan datang ke Puskesmas ini melihat dari dekat pelayanan publik di sini,” sindir Dauhan.
Kondisi yang ditemukan di Puskesmas Teling Atas ini menjadi temuan Satgas GEMPITA, yang kemudian diteruskan ke pusat data di Sekretariat Satgas GEMPITA. “Semua laporan akan ditindaklanjuti, dan kami akan menyampaikannya ke instansi terkait seperi Dinas Kesehatan, Inspektorat dan BKD,” ujar Ketua Satgas GEMPITA yang juga Plt Kepala BKD Manado Drs Hans Tinangon.(dsw)

Selengkapnya baca juga di SKH SWARA KITA Manado dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Jumat 24 Juni 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment