Berita Terbaru

Thursday, June 23, 2016

RPJMD OD-SK terancam gagal produk
by noberd losa - 0

Sekertaris Pansus RPJMD Sulut, James Karinda

MANADO,SM.COM - Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) selama 5 tahun kedepan dibawah kepemimpinan gubernur Olly Dondokambey (OD) - wakil gubernur (SK) yang akan menjadi acuan program kerja arah pembangunan sulut, namun sayangnya program yang sedang digodok tak akan membawa perubahan alias gagal produk.

Dalam draft RPJMD yang disusun oleh ketua tim Kelompok Kerja (Pokja) Roy Roring terdapat 97 progran penopang 7 program pokok janji politik OD-SK namun terancam hanya jadi surga telinga akibat ketida kmampuan topangan anggaran.

Dalam rapat antara Pansus DPRD Sulut soal RPJMD dengan Pokja pemprov sulut pada kamis (23/6/2016), sekertaris pansus James Karinda mempertanyakan target pendapatan yang disampaikan oleh Kepala Dinas Pendapatan Sulut Roy Tumiwa yang menargetkan hanya sebesar 15 persen dibanding tahun sebelumnya.

"Ini ketidak optimisan, target RPJMD menopang 7 pokok janji politik OD-SK yang tertuang dalam 97 program kerja dan menjalankan program tersebut dibutuhkan biaya besar tapi tidak didukung seperti ini, porgram RPJMD tidak akan jalan," kata Karinda.

Lanjut dikatakan Karinda, memajukan sulut untuk lompatan ekonomi besar yang berdampak langsung kemasyarakat maka sikap politik DPRD Sulut telah jelas memberi dukungan politik terhadap pemerintahan OD-SK.

"Namun jika tidak didukung oleh Pokja itu sudah tanggungjawab jajaran pemprov," kata Karinda.


Pengamat politik pemerintahan Sulut Freddy Ratumbanua menilai ini bentuk pembangkangan dan menciderai semangat kerja OD-SK.

"Kinerja seperti ini patut dipertimbangkan, ritme pemerintahan tidak didukung dengan kemampuan yang mumpuni oleh bawahan, maka sebaik apapun program akan mentah," kata Ratumbanua.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment