Berita Terbaru

Thursday, June 16, 2016

Pemkab Bolmong - Bolsel akhirnya bersepakat
by noberd losa - 0



MANADO,SM.COM - DPRD Sulut melalui komisi I untuk pertama kalinya berhasil mempertemukan pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) dan Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) membahas tapal batas antara kedua kabupaten tersebut.

Hasil pertemuan yang berlangsung di DPRD Sulut pada rabu  (15/6/2016) menghasilkan kata sepakat yang tertuang lewat rekomendasi komisi I.

Ketua Komisi I Ferdinand Mewengkang bersama Kristovorus Deky Palinggi, Jems Tuuk, Mursan Imban dan Jenny Mumek merekomendasikan agar kesepakatan adat Itung-itung yang dibuat antara pemkab Bolmong dan Pemkab Bolsel pada 2015 silam menjadi salah satu point penting untuk keputusan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

“ Hasil rapat yang disepakati sekaligus menjadi rekomendasi Komisi 1 agar Itung-itung sebagai perjanjian atau sumpah adat masyarakat Bolmong menjadi pertimbangan sebelum Kemendagri mengeluarkan SK batas wilayah Bolmong dan Bolsel,” jelas Mewengkang.

Wakil Bupati Bolaang Mongondow Raya (BMR), Yanny R Tuuk, yang diwawancarai, usai menghadiri rapat dengar pendapat tersebut menandaskan bahwa dirinya tidak ingin dihakimi oleh masyarakat Bolmong terkait dengan penyelesaian permasalahan tapal batas tersebut, karena sudah menjadi komitment masyarakat BMR bahwa BMR harus dimekarkan.

"Solusi yang ditawarkan menyangkut tapal batas inilah yang saya pikir yang paling bijak dan paling tepat. Saya pikir tidak perlu bersih keras antar kedua belah pihak, antara pemda Bolmong dengan Bolsel," tukasnya.

Yanny juga menambahkan bahwa dirinya menyadari betul tentang kondisi dari pemda Bolsel yang hadir saat rapat tersebut, karena mereka sendiri bukanlah Bupati.

" Sepertinya Wabup, Asisten I dan Ketua DPRD, tidak mendapat mandat penuh oleh bupati. Kalau saya hadir hari ini sudah mendapat mandat penuh dari bupati Bolmong dan kami seiya sekata, bahwa untuk penyelesaian konflik perbedaan pendapat tapal batas itu harus dibagi dua. supaya tidak ada komplain dari pemda Bolsel," pungkasnya.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment