Berita Terbaru

Sunday, June 5, 2016

Listrik di Siau sering padam, ini penjelasan PLN
by donwu - 0

Kondisi kabel listrik di Sau yang sulit untuk dibersihkan.
SITARO, SMCOM-Sering padamnya listrik di Kabupaten Kepulauan Sitaro menimbulkan tanggapan miring dari berbagai kalangan masyarakat. Karenaya, Manejer PT PLN Rayon Siau, A Puasa, menjelaskan penyebab  padamnya  listrik secara tiba-tiab, bukan karena disengaja, tetapi padamnya listrik karena kondisi jaringan listrik yang sering tertimpa dengan ranting pohon yang ada di sekitarnya. "Listrik padam bukan disengaja akan tetapi karena faktor alam. Dimana adanya ranting pohon yang  kadang kalah patah dan menimpa jaringan listrik yang berada di bawah pepehonan," ujarnya kepada SwaraKita.com, Sabtu 4 Mei 2016.
Hal senada juga diutarakan Melki, salah seorang pegawai PLN Siau. "Kamu (wartawan, red) so boleh lia sendiri torang pe jaringan listrik yang ada di Kabupaten Sitaro. Depe kabel dekat sekali deng cabang-cabang pohon, deng di bawa pepohonan. Kalo cuma  pohon biasa torang langsung potong kase bersih. Tapi masalahnya kalo pohon itu berupa tanaman warga, seperti pohon pala atau pohon kelapa, tentunya torang harus cari dulu depe tuan mominta izin mo potong itu pohon atau depe cacabang pohon tersebut. Kadang pemilik pohon pala berat mo kase mo potong depe cabang. Jadi torang pe keadaan alam di sini yang berbukit dan berlembah, seringkali membuat pasokan listrik terganggu,” ujarnya.
Sorang warga Sitaro Tinus Piter, ketika juga mengaku padamnya listrik disebabkan karena adanya ranting pohon yang patah dan menimpa kabel yang ada di sekitarnya. "Ada perna no lampu mati, mar nda selalu mati. Itu hari lampu listrik mati karena ada cabang pohong nangka yang patah karena depe buah talalu banya kong kena di kabel," ungkapnya.
Ia menambahkan, kistrik padam tidak lebih dari 6 menit sudah menyala lagi." Kalo mati secara tiba-tiba tapi nda lama mungkin sekitar 5 atau 6 menit so menyala ulang." Tambahnya.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment