Berita Terbaru

Monday, June 20, 2016

Hasil sidak Satgas GEMPITA Mei 733 pelanggaran disiplin ASN, Juni turun drastis
by donwu - 0

Satgas GEMPITA foto bersama Walikota GS Vicky Lumentut usai buka puasa dan rapat mingguan yang digelar di puncak Malalayang, Minggu (19/6/2016) malam.
MANADO, SMCOM—Sejak dibentuk dan dilantik oleh Walikota dan Wakil Walikota Manado, DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Mor Dominus Bastiaan SE pada pertengahan Mei 2016 lalu, Satgas GEMPITA (Gerakan Masyarakat Pintar dan Taat Aturan) Pemkot Manado telah menghasilkan banyak hal positif untuk peningkatan disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkot Manado.
Buktinya, sebagaimana laporan Ketua Satgas GEMPITA Drs Hans Tinangon kepada Walikota GSVL, ditemukan sekitar ratusan pelanggaran disiplin ASN di bulan Mei 2016. Dengan adanya Satgas GEMPITA ini, maka hingga pertengahan Juni 2016 ini, pelanggaran disiplin ASN turun drastis.
“Perlu kami laporkan kepada Bapak Walikota bahwa tugas yang Bapak Walikota dan Pak Wakil Walikota berikan kepada kami selama ini telah kami jalankan. Dan laporan kami kepada Bapak Walikota adalah, selama bulan Mei sejak dilantik, kami menemukan jumlah sekitar 733 pelanggaran disiplin ASN/PNS. Dan di bulan Juni ini, sejak tanggal 1-17 Juni, hanya ditemui 141 pelanggaran,” ungkap Tinangon dalam laporannya usai acara berbuka puasa Satgas GEMPITA di kediaman GSVL di puncak Malalayang, Minggu (19/6/2016) malam.
Dijelaskan Tinangon, pelanggaran yang ditemukan Satgas GEMPITA selama ini meliputi tiga kategori. “Jadi pelanggaran disiplin ASN di bulan Juni terbagi tiga kategori yaitu: Pelanggaran ringan berjumlah 80, pelanggaran sedang 49, dan pelanggaran berat 12 pelanggaran. Untuk pelanggaran berat, sudah dalam kajian dan sudah diketahui ASN yang bersangkutan,” tukas birokrat yang keseharian menjabat Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pemkot Manado ini.
Hasil sidak dan temuan ini, lanjut Tinangon, kemudian akan diteruskan ke instansi terkait, yakni Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD), untuk diproses. “Satgas GEMPITA akan segera melimpahkan ke BKD Manado untuk dapat menindak-lanjuti temuan-temuan Satgas GEMPITA ini, baik yang ditemukan di SKPD, UPTD, Sekolah, Puskesmas, dan unit kerja lainnya,” terang Tinangon yang juga menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Kepala BKD Manado ini.
Ditambahkannya, laporan yang disampaikan kepada Walikota GSVL ini sekaligus menjawab keraguan sebagian kecil masyarakat, terkait apa hasil tindak lanjut sidak yang dilakukan Satgas GEMPITA ini. “Jadi ini adalah jawaban bagi sebagian orang yang selalu mempertanyakan bahwa kiprah Satgas GEMPITA tidak ada hasil tindak lanjutnya,” tandas Tinangon.(dsw)

Selengkapnya bisa dibaca di SKH SWARA KITA Manado dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Senin 20 Juni 2026.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment