Berita Terbaru

Monday, June 27, 2016

Dipenda Minut sosialisasikan dasar pengenaan BPHTB
by Totti boy - 0

BUPATI Minut Vonnie Panambunan saat membuka acara sosialisasi BPHTB yang diadakan oleh Dipenda Minut.(foto: boyz/sk)
Airmadidi-Dinas Pendapatan Daerah (Dipenda) Minut, Senin 27 Juni 2016, menggelar kegiatan sosialisasi dasar pengenaan Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) yang dibuka langsung Bupati Minut Vonnie A Panambunan. Menurut Panambunan, kegiatan ini patut menjadi perhatian para camat yang hadir agar bisa mengerti.
"Jadi jangan sembarang lagi melakukan penjualan tanah. Pasalnya, tanah yang akan dijual itu sudah harus disertai dengan pajak dan NJOP," ucap Panambunan. 
Kepala Dipenda Minut Theresia Sompie SH melalui Kabid BPHTB Clara Polii SE MSi mengatakan, dasar pengenaan BPHTB adalah nilai perolehan objek pajak.
"Nilai perolehan objek pajak terbagi dalam 13 item. Dimana didalamnya diatur tentang jual-beli adalah harga transasksi, tukar menukar adalah nilai pasar termasuk hibah, wasiat, dan waris," tutur Polii.
Sementara itu Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Minut Sammy Dondokambey, untuk menjamin hak atas tanah yang telah didaftarkan, maka perlu diterbitkan sertifikat yang merupakan tanda bukti hak atas tanah.
"Ada tiga cakupan yang harus dilewati dalam mengurus sertifikat yakni permohonan hak, pengukuran dan pendaftaran hak, dan penerbitan sertifikat," terang Dondokambey.(boy)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment