Berita Terbaru

Tuesday, June 7, 2016

Bulan puasa, harga sembako di Sitaro mulai naik
by donwu - 0

Pasar Ulu Siau.
SITARO, SMCOM—Memasuki minggu awal puasa bagi umat muslim, sejumlah harga kebutuhan bahan pokok di Kabupaten Sitaro mulai merangkak naik. "Ada beberapa jenis bahan pokok, seperti gula pasir, beras, telur ayam naik. Sedangkan minyak goreng harganya juga belum stabil," ungkap Alwin, salah satu pedagang pasar Ulu Siau, kepada SwaraManado.com, Senin (6/6/2016).
Menurut Alwin kenaikan harga tersebut disebabkan oleh harga di tangan produsen juga naik. Sehingga mereka terpaksa menaikan harga jual bahan dagangan mereka. "Torang terpaksa kase nae depe haraga untuk menyesuaikan, tapi dalam batas yang wajar," kata dia.
Alwin menjelaskan, harga bahan pokok gula pasri yang biasanya hanya Rp500 ribu per 50 Kg menjadi Rpo755 ribu per 50 Kg. Untuk beras jenis biasanya Rp215 ribu per 20 Kg naik menjadi Rp225 ribu per 20 Kg. Dan untuk telur ayam yang biasanya hanya Rp1100 per butir sekarang sudah Rp1500 butir.
Adapun Ibu Aknes, salah satu konsumen yang ditemui SwaraManado.com di saat belanja, mengaku kenaikan harga bahan pokok tersebut sangat memberatkan. Ia mengungkapkan, dengan naikan harga bahan pokok tersebut ia harus lebih bijak berbelanja. "Kami berharap kiranya ada perhatian khusus dari pemerintah,” ujarnya.
Di tempat terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Perindagkop) Sitaro Herry Lano mengaku akan terus turun ke pasar untuk memantau kondisi harga bahan pokok yang dikeluhkan. Terkait hal itu, lanjut dia, Pemkkab Sitaro tidak menutup kemungkinan akan laksanakan operasi pasar untuk menstabilkan harga bahan pokok. "Kami akan cek terus harga bahan kebutuhan pokok di pasaran. Mengenai operasi pasar kami akan lakukan," kata Lano.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment