Berita Terbaru

Wednesday, May 11, 2016

Pemkab Sitaro sosialisasi bahaya rabies
by Unknown - 0

Sosialisasi bahaya rabies yang digelar Pemkab Sitaro siang tadi.
SITARO, SMCOM—Dalam rangka memberi pemahaman tentang bahaya rabies, maka Pemkab Sitaro pada Rabu (11/5/2016) siang tadi menggelar sosialisasi kepada masyarakat. Kegiatan sosialisasi tersebut diikuti Asisten II Herry Lano, Dinas Kesehatan, Lurah dan Kepala Kampung se-wilayah Siau.
“Intinya kegiatan tersebut ditujukan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang bahaya rabies, acuan bersama dalam penanggulangan rabies, menyamakan langkah dalam pemberantasan rabies,” ujar Kabag Humas Pemkab Sitaro, Hendrik Lalamentik kepada SwaraManado.com.
Penyakit rabies sering disebut penyakit anjing gila, karena binatang atau hewan penular rabies (HPR) yang utama adalah anjing yang umumnya terlihat agresif. Penyakit menular akut yang menyerang susunan saraf pusat ini dapat terjadi pada manusia dan hewan. Infeksi virus akut mematikan ini disebarkan melalui perantara hewan yang terinfeksi. Walaupun sering mematikan, namun penyakit ini dapat dicegah.
Kemampuan penularan dari hewan ke manusia ini digolongkan ke dalam penyakit yang disebut zoonosis. Kebanyakan kasus infeksi pada manusia memang disebabkan oleh gigitan anjing. Namun, di beberapa negara pernah dilaporkan keterlibatan penyakit ini dengan kelelawar, kucing, kera, rubah, sigung.(ddk)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment