Berita Terbaru

Saturday, May 21, 2016

Pelajari JSC, kedepan GSVL-Mor terapkan sidak GEMPITA online
by donwu - 0

Kepala Bappeda Manado Peter KB Assa saat berada di command center room The Jakarta Smart City Lounge, Jumat (21/5/2016) kemarin.
MANADO, SMCOM—Konsep Manado Kota Cerdas (Smart City) yang menjadi visi Walikota DR GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Wakil Walikota Mor Bastiaan SE, mulai ditindaklanjuti. Dimana GSVL-Mor telah menugaskan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Manado Peter KB Assa PhD untuk mempelajari konsep The Jakarta Smart City yang pusatnya ada di Kantor Gubernur DKI Jakarta.
“Setelah berkonsultasi ke Kemendagri di Ditjen Bina Bangda tentang RPJMD dan Permendagri 18/2016, mumpung sudah di Jakarta dan ditelepon kenalannya pak Wakil Walikota (Mor Bastiaan, red) yang membuat The Jakarta Smart City (JSC), dan ditugaskan juga oleh pak Walikota GSVL dan Wawali Mor, maka jadilah saya bertandang ke Jakarta Smart City Lounge di kantornya pak Ahok,” ujar Assa, Jumat (21/5/2016) kemarin.
Kendati tidak bertemu dengan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama, namun Assa bisa ruang kendali Jakarta Smart City Lounge. “Tak ada yang bisa dikatakan, kecuali ini baru bilang ruang hebat dan cerdas. Saya dibuat takjub dan kagum ketika memasuki command center-nya Jakarta Smart City Lounge. Hampir semua sudut kota dan kinerja SKPD, tanpa harus ada sidak (inspeksi mendadak), semua terpantau dan tersidak secara cerdas atau otomatis dari ruang command center ini,” kata Assa.
Di dalam ruangan tersebut, dia mengaku dilayani dengan baik oleh pertugas yang ada, yakni Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT Wise Citra Dewi SKom, dan Kepala UPT Setiaji ST MSi. Keduanya pun menjelaskan tentang fungsi dan cara pengoperasian ruang control, serta strategi pembangunan, anggaran dan teknis. “Pada kesempatan baik ini saya full keliling dan tanya-tanya panjang lebar. Bersyukur semua pejabat, staf dan staf ahli IT ramah-ramah. Fungsi dan cara pengoperasian ruang kontrol dijelaskan lengkap oleh mbak Wise, sedangkan strategi pembangunan, anggaran dan teknis dijelaskan langsung oleh Pak Setiaji,” ungkap Assa.
Bagaimana dengan penerapan di Manado. “Saat ini Manado sedang gempita-gempitanya dengan program sidak Gerakan GEMPITA (Masyarakat Pintar dan Taat Aturan). Nah, kedepan Manado akan bisa sidak GEMPITA online dengan tentunya di bawah pengaturan pasangan GEMPITA (GEsvlMorPemimpInkiTA),” tandas Assa.(dsw)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment