Berita Terbaru

Sunday, May 8, 2016

Minsel Hebat!!! Paruntu-Wongkar lebih percaya eks narapidana
by noberd losa - 0


MANADO, SM.COM - Pemerintahan bupati Minahasa Selatan (Minsel) dibawah pimpinan bupati C.E Paruntu (CEP) - wakil bupati F.D Wongkar (FDW) perbantukan mantan narapidana (Napi).

"Kabinet" jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) CEP-FDW ternyata lebih memberi kepercayaan terhadap 4 eks narapidana (Napi) jabat posisi strategis sebagai kepala SKPD.

Koleksi CEP-FDW 4 eselon 2 mantan napi tersbut adalah Kadis kesehatan Dr ternie paruntu ditahan karena kasus korupsi.

Kadis perindustrian perdagangan dan koperasi (Perindagkop) Sam Seto Slat dan  Kasat pol PP Dadi ditahan karena kasus penganiayaan.

Kadis sosial Jefry Prang terkait kasus korupsi dana APBN kementerian sosial yaitu transmigrasi Liandok yang diduga melibatkan bupati Minsel.

Namun, langkah tidak populis Paruntu-Wongkar ini ternyata tidak melanggar aturan jika dipandang dari sudut pengangkatannya, dimana  menurut Direktur Jendral (Dirjen) Otonomi Daerah (Otda) Soni Sumarsoni,MDM bila hukuman pidananya dibawah dua tahun bisa dipulihkan kembali menjadi ASN.

"Mantan napi bisa dipromosikan jadi Kadis, secara hukum boleh dan sah. Hanya saja, secara moralitas dan etika tergantung pada Kepala daera dan kelayakannya menurut penilaian publik," kata Sumarsono.

Namun Sumarsono menganjurkan langkah ini seharusnya dipertimbangkan kembali.

"Menurut saya, kalau harus menjabat, tidak dalam jabatan struktural yang strategis namun cukup jabatan fungsional peneliti, misalnya atau struktural yang tidak strategs misalnya Staf Ahli atau Kaban Perpustakaan dan lain-lian," tukas mantan penjabat gubernur Sulut ini.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment