Berita Terbaru

Thursday, May 26, 2016

Lombok percaya 8 program GSVL-Mor berjalan efektif
by donwu - 0

Boy Lombok.
MANADO, SMCOM—Sudah dua pekan lebih pasangan Dr GS Vicky Lumentut (GSVL) dan Mor Bastiaan SE menjalankan pemerintahan di Manado sebagai Walikota dan Wakil Walikota periode 2016-2021. Masyarakat luas juga mulai merasakan pelayanan yang dijalankan pemerintahan mereka melalui reformasi birokrasi, termasuk pelayanan yang bersentuhan langsung dengan publik.
Karena itu, masyarakat juga yakin kalau 8 program unggulan GSVL-Mor akan berjalan efektif selama lima tahun kedepan. Keberhasilan ini sudah terukur sejak GSVL memimpin Manado periode pertama 2010-2015. “Ukuran keberhasilan yang dicapai seorang kepala daerah dalam memimpin suatu daerah dapat dilihat dari dipilihnya kembali pemimpin tersebut untuk kedua kalinya oleh masyarakat yang dia pimpin. Dan ini yang terjadi pada GSVL yang boleh terpilih kembali dalam Pilkada 17 Februari lalu,” ujar praktisi pendidikan Sulut, Boy Lombok SIK MSi, kepada Swara Kita Rabu (25/5/2016) sore.
Dosen Universitas Negeri Manado (Unima) ini menilai, keberhasilan GSVL dalam menjalankan program di periode pertama, sangat pro-rakyat khususnya rakyat yang masuk kategori ekonomi bawah, antara lain pelayanan kesehatan melalui Universal Coverage (UC) dimana masyarakat yang kurang mampu dapat menikmati pengobatan gratis di rumah sakit. “Ini tentunya sangat membantu masyarakat yang ttidak punya kemampuan membiayai pengobatan yang saat ini sudah cukup mahal,” kata Lombok.
Dikatakannya, di Sulut baru Manado yang melaksanakan program seperti ini. Begitu juga program santunan duka terhadap keluarga yang ditimpa duka. Gaji para Kepala Lingkungan (Pala) yang fantastis awalnya Rp500 ribu kemudian menjadi Rp2.250.000 dan akan dinaikkan kembali menjadi Rp3 juta di periode kedua ini, sehingga menjadikan kepala lingkungan sebagai pekerjaan yang sangat menjanjikan bagi masyarakat Manado.
“Ini menunjukkan kepedulian pak GSVL-Mor terhadap masyarakat sangat tinggi. Dan juga karena kepiawaian seorang GSVL dalam memanaj pemerintahan sehingga Manado memperoleh PAD yang boleh membuat program-program tersebut, dan dapat menjalankannya dengan baik. Jadi sangat wajarlah beliau terpilih kembali sebagai Walikota Manado bersama Wawali yang baru,” tukas calon Doktor ini.
Di satu sisi, dibalik keberhasilan dari GSVL sebagai Walikota, ada sosok hebat dan cerdas yang tiap hari memberi dukungan dan masukan-masukan. Ia adalah Prof Dr Paula Runtuwene, yang tak lain adalah istri dari GSVL. “Walaupun disela-sela kesibukannya sebagai dosen di Unima, tapi Prof Paula tak pernah absen memberikan dukungan pada sang suami. Kami sangat mengenal keluarga Lumentut-Runtuwene merupakan keluarga pelayan, anak-anak mereka semua sukses dalam studi dan aktif dalam pelayanan,” tandas Lombok.(dsw)

Selengkapnya bisa dibaca di SKH SWARA KITA Manado dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Kamis 26 Mei 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment