Berita Terbaru

Wednesday, May 25, 2016

Kurang diminati, lomba balap perahu di Sitaro terancam dihapus
by donwu - 0

Peserta lomba balap perahu mengawali lomba dengan doa.
SITARO, SMCOM—Masih dalam rangka memeriahkan HUT ke-9 Kabupaten Kepulauan Sitaro, pada Rabu (25/5/2016) siang digelar beberapa lomba yang dipusatkan di Kelurahan Tatahadeng. Lomba perahu hias dan balap perahu menjadi bagian dari lomba tersebut. Namun sayangnya, nampaknya lomba ini kurang diminati warga.
Dengan kurangnya peserta dan penonton, maka kegiatan tersebut direncanakan akan dihapus. Padahal lomba perahu hias dan balap perahu harusnya menjadi andalan karena geografis Sitaro yang merupakan daerah kepulauan.
Menurut data dari panitia penyelenggara, jumlah peserta lomba balap perahu tahun 2016 ini hanya sebanyak 7 peserta, dan untuk perhau hias hanya sebanyak 3 peserta. Sedangkan pada tahun 2015 lalu jumlah peserta sebanyak 8 peserta balap perhau, dan 6 peserta perahu hias. "Tahun ini peserta lomba sangat kurang. Mungkin tahun depan kegiatan ini so mo dihapus jo," ungkap Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Kadisbudpar) Sitaro, SW Katiandagho, ketika ditemui SwaraManado.Com di tempat lomba.
Menyikapai penyataan Kadisbudpar yang berencana mengapus kegiatan lomba balap perahu tersebut, dua orang peserta lomba balap perahu yakni Yulius Hengkengbala dan Noldi Rakinaung protes. Mereka berharap lomba ini tidak dihapus. “Lomba tersebut sebenarnya sangat bagus. Kalo boleh jangan dihapus,” ujar Yulius.
Menurut Yulius dan Noldi, kurangnya peserta lomba ini karena lambanya informasi dari panitia, sehingga tidak diketahui mayarakat luas. "Depe peserta lomba kurang, karena depe pemberitahuan lamban. Jadi masyarakat banyak tidak tahu kalo ada kegiatan lomba seperti ini. Kalo masyarakat tahu dari beberapa waktu sebelumnya, so pasti banyak peserta yang mo iko," ujar Noldi.
Diketahui, untuk lomba balap perahu tersebut, untuk juara pertama dimenangkan peserta asal Desa Pelingsawang III dengan total hadiah beruapa uang tunai sebesar Rp5 juta, juara dua dari Desa Lia dengan jumlah hadiah Rp4 juta, dan juara tiga dengan jumlah hadiah sebesar Rp3 juta.(ddk)

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment