Berita Terbaru

Tuesday, May 10, 2016

GS Vicky Lumentut-Mor D Bastiaan “Menabur dengan mencucurkan air mata, menuai dengan bersorak-sorai”
by Unknown - 0

Dr Ir GS Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Mor Dominus Bastiaan SE.(foto: hannykandou)
“Orang-orang yang menabur dengan mencurukan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai” (Mazmur 126:5)

PERJALANAN cukup panjang politik di Pilkada Manado bagi pasangan Dr Ir Godbless Sofcar Vicky Lumentut SH MSi DEA dan Mor Dominus Bastiaan SE (GSVL-MOR) akhirnya anti-klimaks, setelah resmi diambil sumpah sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado periode 2016-2021, Senin 9 Mei 2016 pagi, dalam prosesi pelantikan yang dipimpin Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE di Graha Gubernuran, Bumi Beringin.

Gubernur menyerahkan Surat Keputusan Mendagri Nomor 131.71-3493 Tahun 2016 tanggal 5 April 2016 tentang Pengangkatan Walikota Manado dan Nomor 131.71-3494 Tahun 2016 tanggal 5 April 2016 tentang Pengangkatan Wakil Walikota Manado periode 2016-2021. Sore harinya dilakukan acara penyambutan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado.

Sukacita pun terpancar dari raut wajah keduanya. Kini, era baru pemerintahan di Manado pun akan mulai bergulir. Otomatis, semua kebijakan pemerintahan di etalasenya Sulut ini telah berada di tangan kedua figur yang diusung Partai Demokrat dan PKPI di Pilkada Manado 17 Februari 2016 lalu. Memulai amanah baru sebagai top eksekutif Manado, GSVL-MOR pun telah menyusun program jangka pendek.

Dan, dengan tegas keduanya mengatakan kalau evaluasi dan pengawasan secara optimal akan langsung diberlakukan, menyusul penyelarasan kinerja pejabat terhadap capaiannya akan semakin efektif bila didukung oleh kemampuan dalam mengolah beberapa program sesuai dengan visi menjadikan Manado Kota Cerdas. Capaian efektifitas kerja yang tergambar dalam APBD, akan dilaksanakan seoptimal mungkin, ditopang dengan pengawasan tata pemerintahan dimana dalam satu SKPD akan ada target program yang wajib dituntaskan.

Perjalanan cukup panjang GSVL-MOR tercermin dalam ayat Alkitab Mazmur 126:5 yang mengatakan bahwa “Orang-orang yang menabur dengan mencurukan air mata, akan menuai dengan bersorak-sorai”.(dsw/infotorial)

GS Vicky Lumentut bersama istri Paula Runtuwene dan anak-anak.(foto: hannykandou)
MOR Dominus Bastiaan bersama istri Imelda Marcus dan anak-anak.(foto: hannykandou)

8 PROGRAM UNGGULAN GSVL-MOR 2016-2021

1). Dana sosial untuk lanjut usia (Lansia), difabel atau penyandang cacat, dan santunan dana duka;
2). Peningkatan kualitas layanan pengobatan gratis dalam program Universal Coverage (UC);
3). Peningkatan kualitas Program Pembangunan Berbasis Lingkungan (PBL) Mapalus termasuk peningkatan Program Keamanan Lingkungan (Prokamling) dan pembangunan Ruang Publik (RTH & RTNH);
4). Peningkatan kesejahteraan PNS dan non-PNS termasuk peningkatan honor guru bantu, petugas kebersihan, dan kepala lingkungan;
5). Meningkatkan insentif bagi para rohaniwan;
6). Dana bantuan khusus pendidikan yaitu mitra bantuan dana riset bagi peneliti dan dosen Perguruan Tinggi. Beasiswa pendidikan bagi siswa yang kurang mampu SD, SMP, SMA dan Beasiswa mahasiswa (S1 untuk 3 orang per Lingkungan, S2 untuk 3 orang per Kelurahan dan S3 untuk 3 orang per Kecamatan);
7). Memperkuat program good governance and clean government dalam tata kelola pemerintahan dan peningkatan kualitas pelayanan publik satu atap secara online berbasis sistem dan teknologi informasi;
8). Pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja serta program pengembangan kreatifitas pemuda di bidang seni, olahraga, budaya dan teknologi.

Catatan: program kegiatan pembangunan urusan wajib lainnya, termasuk infrastruktur jalan, jembatan, drainase, penataan pasar dan PKL, serta sarana prasarana umum lainnya merupakan tugas rutin pemerintah yang wajib tertata dalam APBD setiap tahun.
PENYERAHAN SK Mendagri Nomor 131.71-3493 tentang Pengangkatan Walikota Manado periode 2016-2021.(foto: hannykandou)
PENYERAHAN SK Mendagri Nomor 131.71-3494 tentang Pengangkatan Wakil Walikota Manado periode 2016-2021.(foto: hannykandou)
GSVL-MOR bersama Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut memasuki Graha Gubernuran.
PELANTIKAN GSVL-MOR oleh Gubernur Sulut Olly Dondokambey.
PENANDATANGANAN berita acara pelantikan.
FOTO bersama GSVL-MOR dan istri bersama Gubernur dan Wakil Gubernur bersama istri, dan Ketua Sinode GMIM Pdt HWB Sumakul.
PENANDATANGANAN berita acara serah terima jabatan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado dari Penjabat Walikota kepada Walikota definitif.
GSVL-MOR membawakan sambutan di acara serah terima jabatan di Ruang Serbaguna Kantor Walikota Manado dari Penjabat Walikota kepada Walikota definitif.
PARA tokoh agama mendoakan GSVL-Mor dan ruang kerja Walikota Manado.(foto: donny)
PARA tokoh agama mendoakan GSVL-Mor dan ruang kerja Wakil Walikota Manado.(foto: donny)
Sebelum menuju pelantikan sebagai Walikota dan Wakil Walikota Maando periode 2016-2021, sebuah proses hukum di Mahkamah Konsitusi (MK) sempat dilalui pasangan GSVL-Mor ini, karena pasangan Harley Mangindaan-Jemmy Asiku belum menerima hasil pleno Komisi Pemilihan Umum (KPU) atas kemenangan GSVL-Mor. Namun, Hakim MK memutuskan bahwa gugatan yang dilayangkan Mangindaan-Asiku ini karena materi gugatan yang sangat lemah. MK pun memerintahkan KPU Manado sebagai penyelenggara Pilkada Manado untuk segera menetapkan GSVL-Mor sebagai Walikota dan Wakil Walikota Manado.
Proses sidang gugatan Pilkada Manado di MK, Jakarta.(foto: donny)
Proses sidang gugatan Pilkada Manado di MK, Jakarta.(foto: donny)
GSVL-Mor disambut ribuan massa di Bandara Sam Ratulangi Manado usai kembali dari Jakarta mengikuti sidang sengketa Pilkada Manado di MK, Jakarta.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment