Berita Terbaru

Thursday, May 12, 2016

Gawat, PT.SEJ rubah alur sungai bahayakan warga Minsel
by Noberd Losa - 0


MANADO,SM.COM - Perusahaan tambang di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) PT.Sumber Energi Jaya (SEJ) diduga melakukan perubahan jalur sungai sepanjang 2 kilometer di sepanjang sungai perbatasan perkebunan kalait dan Tokin karimbow kecamatan motoling.

Dan parahnya lagi, perubahan jalur sungai tersebut diduga tidak mengantongi ijin resmi sehingga tidak melalui tahapan rekomendasi teknis (Rekomtek) dari pengelola sumber daya air pada wilayah sungai bersangkutan (Balai Wilayah Sungai/BWS).

Rekomtek tersebut memuat pertimbangan teknis dan saran yang disampaikan kepada pemberi izin. Secara umum, prosedur untuk memperoleh izin mengubah alur sungai.

Unt7k diketahui, salah satu penyebap utama terjadinya banjir adalah perubahan tata guna lahan, khususnya perubahan tata guna lahan di daerah aliran sungai (DAS).

Daerah aliran sungai (DAS) perannya begitu vital, sebap DAS berfungsi menampung air yang berasal dari air hujan dan sumber-sumber air lainnya yang penyimpanannya serta pengalirannya dihimpun dan ditata berdasarkan hukum-hukum alam sekelilingnya demi keseimbangan daerah tersebut; daerah sekitar sungai, meliputi punggung bukit atau gunung yang merupakan tempat sumber air sampai dan semua curahan air hujan yang mengalir ke sungai, sampai daerah dataran dan muara sungai.

Peran dan fungsi DAS amatlah begitu penting bagi manusia, namun peran dan fungsi tersebut sering kali tergganggu akibat perubahan tata guna lahan (land use), baik di hulu maupun hilir.

Pertumbuhan penduduk dan pembangunan yang begitu pesat membuat perubahan tata guna lahan marak terjadi. Selain itu, di era desentralisasi dan otonomi daerah dimana kewenangan yang diberikan pusat ke daerah lebih besar dalam hal perizinan tata guna lahan, marak sekali terjadi perubahan fungsi kawasan DAS.

Perubahan fungsi lahan di kawasan hulu DAS terutama dari hutan menjadi lahan pertanian budidaya dapat berdampak pada berkurangnya fungsi resapan air dan meningkatnya perbedaan debit maksimum-minimum (run off), erosi dan sedimentasi.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment