Berita Terbaru

Wednesday, May 11, 2016

Cegah DBD, Dinkes Sitaro gelar fogging dan sosialisasi pencegahan
by Unknown - 0

Tim Dinkes siap melakukan fogging di Kelurahan Tarorane.
SITARO, SMCOM—Dengan bertambanya kasus demam berdarah deague (DBD) di Kelurahan Tarorane Kecamatan Siau Timur (Sitim), Kabupaten Sitaro, membuat Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sitaro yang dipimpin dr Ria Papalau gencar melakukan pembasmian jentik nyamuk penyebab DBD melalui fogging dan sosialisasi pola bersih 3M plus. Hal tersebut diatas terlihat dalam kegiatan fogging yang dilakukan Rabu (11/5/2016) pagi tadi.
Johana Bahiwu, salah seorang petugas kesehatan Bidang P2 Kesling Dinkes Sitaro menjelaskan, selain melakukan fogging, mereka juga membagikan serbuk abate, yakni bubuk pembunuh jentrik nyamuk bagi warga yang memiliki bak penampungan air dan mensosialisasikan penerapan 3M plus kepada masyarakat. "Kami tak henti-hentinya  mensosialisasi bahasa DBD,” ujanrya kepada SwaraManado.com.
Sementara itu Alex Darji, seorang warga Tarorane berujar, apa yang sudah dilakukan oleh Dinas Kesehatan saat ini sangat membantu mereka sebagai warga agar terhindar dari ancaman DBD. Ia juga mengajak sebagai sesama warga agar mulai menyadari akan pentingnya membersihkan lingkungan dimana mereka tinggal dengan melakukan pembersihan di tempat penampu gan air.
"Kami sebagai warga sangat berterimakasih atas kerja keras dari Dinas Kesehatan dalam melindungi kami sebagi warga. Jadi untuk kebersihan, kita harus mulai menyadarinya dengan mulai membersihkan tempat-tempat bak air, atau tempat penampungan air agar tidak ada jentik nyamuk berkembang biak," kata Daraji.(ddk)

CARA 3M
1) Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain;
2) Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya; dan
3) Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.  

ADAPUN PLUS
Segala bentuk kegiatan pencegahan seperti:
1) Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan;
2) Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk;
3) Menggunakan kelambu saat tidur;
4) Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk;
5) Menanam tanaman pengusir nyamuk;
6) Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah;
7) Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment