Berita Terbaru

Wednesday, April 13, 2016

Waw!!! Pecandu narkotik Sulut sehari habiskan Rp300 Miliar
by noberd losa - 0

Ilustrasi

MANADO,SM.COM - Data Badan Narkotik Nasional (BNN) sampai dengan akhir tahun 2015 di provinsi Sulawesi utara terdapat 42.876 pecandu narkotika sehingga menempatkan sulut pada peringkat 5 pecandu narkotik terbanyak se Indonesia.

Menurut laporan kepala BNNP Sulut kombespol Sumirat Dwiyanto, jenis narkotika yang beredar di Nyiur Melambai terdapat 41 jenis narkotik.

Pemakai terbanyak pada tingkatan murid sekolah pecandu ehabond, seperti halnya yang terungkap dalam rapat dengar pendapat Komisi IV DPRD Sulut bersama BNNP pada selasa (12/4/2016).

"Dengan jumlah pecandu 42.876 orang yang jika kita kalkulasi kotor bahwa pecandu ini adalah pengguna ehabond dengan 1 kaleng perhari, maka total uang yang beredar sedikitnya Rp300 miliar," kata Sumirat.

Dikatakan Sumirat, dari hasil pemeriksaan yang dilakukan pada 1 sekolah menengah didapati 70 murid mengakui menggunakan zat narkotika.

"Murid-murid ini banyak menggunakan ehabond, minum antimo sampai 3 butir bahkan ada yang menghirup spidol spesial yang bisa dibuka penutup tinta, bahkan dibitung 1 siswa bisa hais gunakan 5 sampai 10 kaleng ehabon perhari," kata Sumirat.

Menurut Sumirat, ini hanyalah sebagian kecil contoh kasus yang terjadi di Sulut yang mau tidak mau harus diwaspadai. Karena itu telah dibuat kesepakatan antara instansi terkait dan meminta agar pertokoan dan apotik tidak menjual obat-obatan kepada anak remaja.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment