Berita Terbaru

Thursday, April 21, 2016

Satresnarkoba Polres Bolmong rangking satu ungkap narkoba
by Unknown - 0

Pemaparan hasil Analisa dan Evaluasi yang digelar Polda Sulut terkait kasus narkoba.
MANADO, SMCOM—Operasi Bersih Sindikat Narkoba (Bersinar) 2016, yang digencarkan jajaran kepolisian bersama Badan Narkotika Nasional (BNN) sejak tanggal 21 Maret hingga 19 April 2016, telah berakhir.
Khusus di daerah ini, Satgas Ops Bersinar Polda Sulut dan jajarannya mampu mengungkap sebanyak 20 kasus. Menariknya hasil analisa dan evaluasi (anev) yang digelar Polda Sulut, Satuan Reserse Narkoba Polres Bolmong dibawah pimpinan, AKP Hanny Lukas, mampu menempati posisi pertama pengungkapan kasus dibanding 8 Polres lainnya.
Hal tersebut terungkap dalam rapat anev Operasi Bersinar 2016, yang dipimpin Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung, di ruang rapat lantai 1 Mapolda Sulut, Rabu (20/4/2016) lalu. Sesuai data yang dipaparkan Wadir Reserse Narkoba Polda Sulut, AKBP Hari Sarwono SIK dihadapan Kapolda, Wakapolda, pejabat utama dan para Kasat Resnarkoba serta pejabat BNNP Sulut, selama 1 bulan berjalan, Satgas Ops Bersinar telah mengungkap kasus narkoba sebanyak 20 kasus dengan jumlah tersangka sebanyak 36 orang.
“Satgas Polda Sulut paling banyak mengungkap kasus yaitu sebanyak 14 kasus dengan jumlah 25 tersangka. Untuk Polres jajaran posisi pertama dari Satgas Ops Bersinar Polres Bolmong sebanyak 3 kasus dengan 8 tersangka. Sedangkan Polresta Manado, Polres Bitung dan Polres Minut masing-masing mengungkap satu kasus. Untuk Polres lain masih nihil,” ungkap Sarwono, di hadapan Kapolda dan pejabat utama.
Sementara untuk pengungkapan kasus lima tahun terakhir yaitu 2011-2015, sebanyak 267 kasus dengan jumlah tersangka yang terjaring sebanyak 353 orang. “Itu artinya dalam setiap bulannya terdapat pengungkapan kasus sebanyak 4 dan tersangka sebanyak 5 orang,” jelasnya.
Sedangkan rekapan kasus tahun 2015, terdapat 52 kasus masing-masing 4 kasus per bulan dan 66 tersangka, yang terbagi 5 orang per bulan. Dengan demikian, perbandingan pengungkapan kasus tindak pidana narkotika selama Operasi Bersinar 2016, dibandingkan dengan pengungkapan 5 tahun terakhir, maupun setahun terakhir dan satu bulan terakhir di wilayah hukum Polda Sulut, mengalami peningkatan baik dari segi jumlah kasus naik 400 % maupun jumlah tersangka naik 800 %.
Kapolda pun menginstruksikan, meski Operasi Bersinar 2016 telah berakhir, namun pemberantasan terhadap penyalahgunaan narkoba tetap terus dilakukan dan ditingkatkan oleh jajaran kepolisian, khususnya Polda Sulut. Jenderal bintang satu itu pun menilai, bahwa pengungkapan kasus di wilayah Polres jajaran belum maksimal, sehingga perlu dilakukan terobosan dan evaluasi.
“Saya berharap ini menjadi perhatian serius bagi para Kasat Resnarkoba di jajaran. Untuk Polres yang sudah menangani beberapa kasus, jangan berpuas diri. Lakukan upaya-upaya atau strategi yang intensif, agar daerah ini bisa terlindung dari peredaran narkoba. Ungkap semua pelakunya dan lakukan tindakan tegas seusai aturan yang berlaku,” tegas Kapolda.(obi)

Baca juga di SKH SWARA KITA MANADO dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Jumat 22 April 2016.


« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment