Berita Terbaru

Monday, April 11, 2016

Reshuffle kabinet, Olly Dondokambey diplot job Menteri Perhubungan?
by Unknown - 0



Presiden Joko Widodo dan Olly Dondokambey.(foto: ist)
JAKARTA—Akhir-akhir ini gencar diberitakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan reshuffle atau perombakan kabinet jilid II. 
Bahkan Presiden mengakui rencana perombakan kabinet itu sudah dibahas bersama Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Pembahasan itu menyangkut komposisi menteri yang akan diputuskan dalam reshuffle jilid II ini. "Sampai saat ini kami bicara terus, hanya sampai saat ini belum (selesai)," kata Jokowi berkunjung ke Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Senin (11/4/2016) siang.
Tidak disebutkan waktunya kapan reshuffle dilakukan. Namun Presiden Jokowi mengatakan bahwa pertimbangan utama melakukan perombakan kabinet adalah kinerja para menterinya. Menurut Jokowi, mengevaluasi menteri dilakukan tiap hari, tiap pekan, tiap bulan, dan secara berkelanjutan. Bahkan Presiden membenarkan adanya pertemuan dengan sejumlah menteri dalam beberapa hari terakhir secara khusus. Namun Jokowi menegaskan, suatu hal yang lumrah bila Presiden memanggil Menteri.
Beredar kabar kalau salah satu pos Menteri yang akan direshuffle adalah Menteri Perhubungan (Menhub). Nama Ignatius Jonan dikabarkan akan digeser ke posisi Menteri lainnya, sedangkan Menhub yang akan ditinggalkan Jonan akan diisi Olly Dondokambey SE. Bendahara Umum DPP PDIP yang juga menjabat Gubernur Sulut itu diisukan segera dilantik menjabat Menhub. Kabar ini semakin santer karena Olly sudah beberapa kali dipanggil ke Jakarta oleh Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan tentunya oleh Jokowi.
Sementara itu Wapres JK memastikan reshuffle dilakukan dalam waktu dekat. "Kalau tanya soal reshuffle, jawaban saya masih sama. Belum. Bukan hari ini," kata JK di Kantor Wapres dengan senyum. Saat keluar ruang kerjanya, ia kemudia melangkah dengan ringan menuju barisan wartawan yang menanti untuk wawancara. Menurut mantan Ketua Umum Golkar itu, Presiden Jokowi masih mencari waktu yang pas untuk merombak kabinet jilid II. "Masih cari hari baiknya. Kapan? Tunggu-tunggulah," ujar JK tertawa.
Kabar perombakan kabinet jilid II pemerintahan Jokowi-JK memang terus menguat. JK pun sejak awal tak menampik jika Jokowi tengah bersiap mengumumkan reshuffle kabinet. "Selalu dievaluasi, tinggal hari baik dalam mengumumkan," kata JK. Dia mengatakan, pengumuman perubahan kabinet itu akan dilakukan bersama dengan Jokowi. "Yang mengumumkan memang Presiden. Namun karena pemerintahan Jokowi-JK, jadi akan diumumkan bersama," lanjut dia, seraya menegaskan, perombakan kabinet yang akan dilakukan berdasarkan kinerja para menteri.(dsw/tem/lip)

Bisa juga baca di SKH SWARA KITA Manado dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Selasa 12 April 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment