Berita Terbaru

Monday, April 11, 2016

Pulang Israel, Tumiwa kuliahi anggota Baleg
by Noberd Losa - 0

Rapat Baleg DPRD Sulut
MANADO,SM.COM - Ketua Badan Legislasi (Baleg) DPRD Sulut Boy Tumiwa yang "menghilang" hampir sebulan karena melakukan perjalanan ke Israel akhirnya muncul juga ke Baleg dan langsung memimpin rapat baleg pada senin (11/4/2016) di ruang rapat II DPRD Sulut.

Namun herannya, Boy Tumiwa kemudian seakan memberikan wejangan kepada anggota Baleg soal pentingnya tugas dan fungsi baleg menuntaskan tanggung jawab terhadap 16 Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) diselesaikan tahun ini.

Boy Tumiwa sebagai ketua baleg sepertinya lupa bahwa dirinya lalai jalankan tanggung jawab malah menuntut tanggung jawab anggotanya.

Sementara itu, James Karinda anggota baleg mengingatkan agar seluruh anggota dan pimpinan baleg menjalankan tanggung jawab yang pada akhirnya dianggap masyarakat makan gaji buta.

"Sehubungan dengan mekanisme  selama ini Baleg hanya difungsikan sebagai tukang cap menurut James Karinda Baleg harus dilibatkan dalam pembahasan ranperda yang nantinya akan dihasilkan oleh dewan," kata Karinda.

James Karinda mengatakan setiap bulannya Baleg menerima komisi walaupun jumlahnya kecil, namun secara kelembagaan Baleg tidak pernah dilibatkan dalam pembahasan ranperda,

“Torang jangan  terima gaji buta, ujar Karinda.
Sebagai Badan yang nantinya mengevaluasi tugas pansus, Baleg harus  tahu setiap jengkal, bahkan titik koma dari setiap produk Ranperda yang nantinya akan dihasilkan oleh dewan," tukas Karinda.(Obe)
« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment