Berita Terbaru

Tuesday, April 19, 2016

Peneror bom KM Majestic Kawanua mengaku mencari sensasi
by donwu - 0

Tersangka peneror bom KM Majestic Kawanua saat diamankan di Polsek Tagulandang, Selasa (19/4/2016).
MANADO, SMCOM—Pelaku aksi teror bom yang menimpa KM Majestic Kawanua tujuan Manado-Sitaro dan Tahuna pada Minggu (17/4/2016) lalu, akhirnya berhasil diringkus Tim Resmob Manguni Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Sulut, Selasa (19/4/2016) siang. Tersangka yang masih berusia Anak Baru Gede (ABG) berinisial ES alias Edgar (15), warga Barangka Pehe Tagulandang, nekat melakukan teror dengan modus mencari sensasi.
Informasi yang dirangkum menyebutkan, awalnya pihak Polsek Urban Siau Barat (Sibar) menerima laporan via pesan singkat SMS dari Kadis Perhubungan Sitaro, dimana kapal cepat tersebut mengalami ancaman teror dari pelaku yang belum diketahui. Info ini kemudian diteruskan seorang warga perempuan Lani, ke Kantor KM Majestic di Manado. Isi pesan sang peneror mengatakan “balik ke Manado atau kapal akan meledak, saya ada di kapal ini”. Sontak saja kabar tersebut langsung membuat heboh, karena posisi kapal saat itu sedang melakukan perjalanan menuju Sitaro dan berada di perairan Talise.
Pihak Polres Sangihe yang menerima laporan teror ini, langsung bergerak melakukan patroli laut serta siaga di pelabuhan. Bahkan Kapolda Sulut Brigjen Pol Wilmar Marpaung, memerintahkan jajarannya dan Ditreskrimum untuk segera mengungkap dan menangkap pelaku. Polda pun menurunkan Tim (Heavy Crime) Resmob Manguni Polda Sulut, yang dipimpin AKP Frelly Sumampow, menyelidiki secara cyber dan berhasil mencitra dari mana sumber nomor HP yang dipakai pelaku melancarkan teror. Alhasil pelaku diketahui sedang berada di wilayah hukum Polsek Urban Sibar.
Tak menunggu waktu lama, petugas berhasil menangkap tersangka yang masih duduk di bangku salah satu SMA di Tagulandang, saat dirinya berada di rumah. Dari tangan tersangka, barang bukti (babuk) berupa Hp merk Galaxi beserta nomor selular turut disita. Tersangka saat diinterogasi mengaku jika aksinya hanya main-main saja.
Dirreskrimum Polda Sulut, Kombes Pol Pitra Ratulangi SIK SS MM, menjelaskan, pelaku diringkus setelah pihaknya melakukan koordinasi dengan Polsek Urban Sibar, pasca menemukan titik persembunyian pelaku bersama Hp yang digunakan. “Saat ini pelaku dibawa ke Ditreskrimum Polda Sulut untuk pengembangan, dan setelah itu akan diserahkan ke Polresta Manado untuk proses hukumnya. Syukur kepada Tuhan dalam waktu singkat, bisa terungkap pelaku teror yang meresahkan aktifitas lalulintas kapal laut di Sitaro Tahuna. Diingatkan kepada warga agar jangan pernah main-main di dunia maya, apalagi indikasi teror atau ancaman. Karena pasti ada resiko berat dibalik itu,” tulis Ratulangi, di akun FB Manguni Team 123 Reskrimum.
Diberitakan sebelumnya, pada Minggu siang, saat KM Majestic Kawanua tengah pelayaran dari Manado menuju Sitaro, karyawan kapal tersebut menerima telepon bernada ancaman, dimana kapal yang mengangkut ratusan penumpang itu diancam akan diledakan. Mendengar ancaman tersebut, sontak membuat kayawan dan crew kapal was-was dan langsung laporkan ke aparat Kepolisian.
Informasi yang diperoleh, pelaku teror memerintahkan agar kapal tersebut balik ke Manado, kalau tidak maka akan diledakan. Lebih mencekam lagi, rupanya di kapal tersebut ada sederet pejabat Pemkab Sitaro, antara lain Wakil Bupati Siska Salindeho, Sekda Adry Manengkey, Asisten II, serta sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD). Nyawa Wabup Salindeho dan ratusan penumpang lain pun terancam.
Setelah menerima laporan dimana adanya ancaman bom tersebut, Wakapolsek Siau Timur (Sitim) dan Kapolsek Urban Siau Barat Kompol Haris Bingku bersama beberapa anggotanya, langsung bergerak cepat ke area Pelabuahan Ulu Siau untuk melakukan pemeriksaan kepada beberapa orang bahkan kepada penumpang kapal lainnya, baik yang turun di Siau maupun yang akan melanjutkan perjalanan ke Tahuna. Namun dalam pemeriksaan tidak didapati nomor telepon yang dicari seperti nomor telepon peneror.(obi)

Selengkapnya baca di SKH SWARA KITA Manado dan ePaper www.swarakita-manado.com edisi Rabu 20 April 2016.

« PREV
NEXT »

No comments

Post a Comment